CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

MAGNUS CARLSEN JUARA TATA STEEL MASTER 2015 BELANDA - WEI YI JUARA KELOMPOK CHALENGER

Mesikpun start awalnya kurang begitu meyakinkan, akhirnya GM Magnus Carlsen menunjukkan kelasnya. Saya lebih suka menyebutnya CARLSEN NGEVOOR poin, ketinggalan duluan. Kalah dari GM Rudolf Wojtaszek di babak-3 dan ditahan draw GM Anish Giri (Belanda) di babak-1 dan GM So Wesley (USA) di babak-2, tampak seolah-olah Carlsen sulit juara di turnamen ini. Malah pecatur gaek tapi kosen GM Vasily Ivanchuk bermain mantap dengan memimpin di babak-babak awal meskipun tentu karena Chucky (panggilan Ivanchuk) belum ketemu pairing berat. Pelan tapi pasti Carlsen menunjukkan taringnya bahwa dia bukanlah Grandmaster biasa saja. Carlsen dengan permainannya yang sangat solid, meski openingnya tidak terlalu istimewa, namun middle dan endingnya pasti banyak yang setuju kalo disebut luar biasa! Langkah ending Carlsen hampir sama dengan mesin/enjin komputer! Setelah kalah dari Wojtaszek, Carlsen SADAR dan mulai CANCUT TALI WONDO - ngamuk NYANDUNG-NYAMPAR lawan-lawanya. Berturut-turut 6x main di babak 4, 5, 6, 7, 8, 9 DIBABAK HABIS poinya dan unggul dalam klasemen. Setelah remis di 3 babak tersisa, akhirnya CARLSEN JUARA karena tak terkejar nilainya oleh para pesaingnya dengan 9 poin di atas pesaingnya MVL (GM Miguel Vachier Lagrave) dari Perancis.





Di kelompok Chalenger pecatur muda usia China GM Wei Yi bermain mantab sekali dan Juara dengan mengungguli banyak pecatur-pecatur top Eropa seperti GM David Navara, GM David Van Kempen, GM Samuel Shankland, GM AR Saleh, dll... Wei Yi dalam 13 Babak belum pernah kalah sekalipun. Dia menang 8x dan remis 5x. Mengumpulkan 10.5 poin di atas pesaing terdekatnya GM David Navara dengan 10 poin. Luar biasa anak ini. Pemerintah China pasti berharap banyak kepada Wei Yi mengingat pendahulunya seperti GM Bu Xiangzhi, GM Wang Yue, GM Wang Hao dirasa kurang BERHASIL menjadi Juara Dunia (Perorangan).




Turnamen Tata Steel Chess 2015 Belanda  ini juga dikenal dengan nama Turnamen Catur Wijk aan Zee. Salah satu Turnamen Catur PALING ELIT di dataran Eropa. Diadakan setiap tahun dalam 2 kelompok. Kelompok Master yang pasti mempertandingan pecatur 10 besar dunia ditambah tuan rumah dan Juara-1 Tata Steel Chalenger tahun sebelumnya. Turnamen ini disponsori oleh perusahaan BAJA kelas dunia, Tata Steel yang kaya raya. Sudah tentu hadiahnya juga sangat besar.

Situs RESMI Tata Steel Chess:

Download Games (PGN):

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.