CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





CONTOH CARA LATIHAN KALKULASI CATUR YANG BENAR

Kalkulasi Catur adalah SKILL yang terpenting yang harus dikuasai oleh pecatur. Tapi skill ini juga merupakan skill yang PALING SULIT DIKUASAI oleh pecatur pula. Seseorang yang KALAH KALKULASI dibandingkan lawannya, maka besar kemungkinan dia akan kalah. Jadi begitu pentingnya kalkulasi catur tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kalkulasi catur kita. Kalkulasi catur yang prima membutuhkan KONSENTRASI tinggi dan tentunya juga ILMU Kalkulasi catur itu sendiri. Komponen Kalkulasi yang penting diantaranya: HAPALAN POLA/TEMA bangunan catur, kemampuan MENGEVALUASI bangunan catur dengan benar, VISUALISASI di dalam otak tentang langkah-langkah catur MEMBAYANGKAN apa nanti yang akan terjadi, dan tentu saja kemampuan MENGHITUNG LANGKAH termasuk URUTANnya dengan PRESISI TINGGI. Kecepatan berpikir juga menentukan hasil karena kalo bertanding catur itu ADA JAMnya. Dan bagi pecatur serius/Profesional, NALURI/INTUISI Catur yang KUAT dalam mengendus LANGKAH BAIK sangat penting untuk kesuksesan karir catur mereka.

Pertama kita lihat posisi caturnya. Kemudian kita tentukan beberapa langkah kandidat atau calon langkah disesuaikan dengan bangunan yang tampak di papan. Barulah kita menghitung langkah-langkahnya. Bisa juga sebelum menentukan langkah kandidat, dibantu dengan langkah strategi atau istilahnya Planning/Perencanaan sesuai dengan bangunan. Kemudian setiap calon langkah kita hitung satu per satu sampai salah satu unggul atau imbang saja. Yang penting setelah tidak ada lagi langkah aktif dari kita atau lawan, kalkulasi bisa dipotong dihentikan pada percbangan varian langkah. Hendaknya yang dihitung dahulu adalah langkah yang mengandung unsur PAKSAAN dan bersifat TAKTIS (Skak, Promosi, Makan, Ancam, Kombi/Korban). Di bawah ini contoh cara mengerjakan latihan kalkulasi.


7 komentar:

  1. Gagah News

    terima kasih cara latihannya ya gan

    http://gagahone.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Remis itu om udah sy coba dengan engine stockfish 6

    BalasHapus
  3. Ya catur memang remis..karena posisi hitam kalah..remis sudah cukup..kalqu pakai engine stiokfish artinya pelajaran kalkulasi pada ada tidak ada guna mas jumaidi anshar ...anda tidak akan meningkat ...bodoh terus main caturnya..kumputer terus yg bantu anda kalkulasi...ini masukan buat anda kalau mau meningkat main catur

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju bos, kalau hitam tujuan utamanya remis, sukur sukur kalo menang, hitam kalah tempo soalnya

      Hapus
  4. Saya bermain catur sering tersesat/bingung di awal permainan kenapa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena anda kurang menguasai middle dan kurang pikir 3 langkah selanjutnya. Harus dipikir dahulu, sesuai blog ini kalkulasi diperlukan.

      Hapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.