CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





LUCAS CHESS SOFTWARE BELAJAR CATUR BISA BERBAHASA INDONESIA

Sangat langka kiranya software komputer untuk belajar catur yang berbahasa Indonesia. Kendala bahasa sering menjadi alasan penghambat kemajuan belajar catur dengan bantuan komputer. Memang sebagian besar perangkat lunak/program/software catur adalah berbahasa Inggris. Meskipun bisa saja belajar catur berbantu komputer dengan software berbahasa Inggris ini, namun tentu tidak bisa maksimal mengeksplorasi semua kemampuan yang ada dalam program tersebut. Memang sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris (pasif) membaca keterangan, menu atau perintah dalam program catur yang berbahasa orang bule ini. Namun jika memang ada software catur dengan bahasa Indonesia tentu alangkah baiknya. Dalam kesempatan ini, saya posting tentang software catur yang sebenarnya aslinya berbahasa Inggris tapi ada terjemahannya yang bahasa Indonesia. Siapa yang menerjemahkan ke Bahasa Indonesia? Silakan dibaca sendiri saja pada keterangan tentang software catur yang bernama Lucas Chess ini.

Software catur Lucas Chess adalah software catur yang gratis/free untuk dipergunakan kapan pun. Fitur-fiturnya lumayan lengkap dan tentu akan membantu memajukan catur kita, khususnya untuk PEMULA. Namun demikian mereka yang intermediate, advanced ataupun master bisa juga memakainya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sesuai dengan level kita. Fitur Lucas Chess ada untuk SPARRING dengan berbagai macam LEVEL, mulai dari yang sangat pemula (baru bisa main catur), bagi yang sudah bisa, juga untuk mereka yang sudah berpengalaman bahkan master sekalipun. Lucas Chess menyertakan banyak sekali enjin catur dari berbagai tingkatan, mulai yang rendah (TarraschToy) sampai yang juara dunia yaitu Stockfish 5. Selain itu kita juga bisa memasukkan enjin catur lainnya yang tidak disertakan dalam paket Lucas Chess. Enjin yang bisa dinnstall adalah enjin yang mendukung protokol UCI. Kita bisa sparring lawan enjin manapun dengan setingan sesuka hati kita. Bahkan bermain BLIND (Catur Buta) khusus bagi master atau yang bisa melakukannya. 

Fitur Lucas Chess lainnya adalah FITUR QUIZ catur yang beraneka ragam macamnya. Ada Quiz TAKTIK/KOMBINASI, Quiz Ending, Quiz Problem Mat, Quiz Opening juga ada. Quiz yang ada dalam paketan Lucas Chess jumlahnya ribuan bahkan puluhan ribu. Dengan Quiz Opening kita bisa belajar opening catur dengan sistem pengulangan sampai hapal benar langkah dan posisi opening yang kita pelajari. Selain itu juga ada Quiz-Quiz untuk KALKULASI dan KETELITIAN dan daya ingat. Semua Quiz yang kita kerjakan bisa langsung tersimpan. Sehingga kita bisa melihat hasil latihan catur kita dari waktu ke waktu. Selain itu Lucas Chess juga menyediakan sistem rating dalam latihan catur kita. Rating yang telah kita capai bisa kita upload di server Lucas Chess di internet untuk diadu mana nilai yang tertinggi. Masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang semakin lama semakin lengkap saja. Software Lucas Chess dibuat oleh programmer LUCAS MONGE bersama kawan-kawannya.

Situs Resmi/Blog Lucas Chess beralamat di...

Mau coba? Download dan Install saja langsung LUCAS CHESS ini. Ada 2 macam paketan yang tersedia. Paketan yang perlu diinstall (Standar) dan Paketan PORTABLE yang tidak perlu diinstall. Cukup diekstrak file paketannya dan langsung bisa dijalankan. Jangan lupa pilih Bahasa Indonesia saat perama kali menjalankan!! Alamat downloadnya ada di...

4 komentar:

  1. berlatih catur dengan lawan melalui media internet bisa gak ya ? gimana caranya ? ingin bermain dengan teman yg jauh tr

    BalasHapus
  2. http://mamehleuqiet.blogspot.com/2014/12/strategi-skakmat-cepat-para-grandmaster.html

    salam

    BalasHapus
  3. Makasih bgt infonya, aku udah download dan coba, puas dengan beragam fiturnya, banyak latihannya juga

    BalasHapus
  4. Trimakasih banyak, banyak sekali manfaatnya

    BalasHapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.