CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

KEJUARAAN-KEJUARAAN CATUR RESMI YANG DIGELAR DI INDONESIA

Kejuaraan-kejuaraan catur resmi digelar sepanjang tahun di Indonesia. Kemajuan catur di suatu daerah berbanding lurus dengan banyaknya kejuaraan/turnamen catur yang digelar secara rutin di daerah tersebut. Saat ini sudah banyak organisasi-organisasi resmi pemerintahan yang mulai secara rutin menggelar turnamen catur di Indonesia. Ada 2 (dua) macam memang Kejuaraan Catur yang dipertandingkan melihat dari pihak mana yang menyelenggarakan dan sifat dan turnamen tersebut. Kejuaraan catur resmi biasanya digelar oleh organisasi yang resmi pula. Sedangkan kejuaraan catur yang tidak resmi (seringkali disebut dengan open turnamen jika untuk umum, home turnamen jika untuk kalangan tertentu saja misalnya 1 klub/sekolah catur). Pada kesempatan ini saya akan sharing berbagai kejuaraan catur resmi yang sudah dan akan digelar di Indonesia.

Kejuaraan catur resmi biasanya lebih memiliki nilai gengsi lebih tinggi dibandingkan dengan turnamen catur biasa/open. Kejuaraan catur resmi biasanya mewakili dan membawa gengsi daerah, provinsi dan negara tentunya (jika bertanding untuk level internasional). Salah satu kejuaraan catur resmi paling elit di Indonesia saat ini untuk catur adalah di PON (Pekan Olahraga Nasional) yang biasanya digelar setiap 4 (empat) tahun sekali. Sebelum dimainkan di PON, umumnya atlit-atlit yang main di PON ini diseleksi dulu di PORPROV. PON ini adalah adu gengsi KONI antar provinsi se-Indonesia. Sedangkan PORPROV adu gengsi KONI antar Kota/Kabupaten se-Provinsi. Dana yang terlibat umumnya adalah DANA NEGARA, DANA yang berasal dari uang rakyat atau biasa disebut APBN/APBD. Keberhasilan sebuah KONI provinsi tertentu menjuarai event olahraga nasional adalah INDIKATOR kesuksesan pembinaan cabor di provinsi tersebut. Sebaliknya kegagalan di PON boleh diartikan bahwa pembinaannya gagal dan mungkin bisa saja dituduh bahwa KONI provinsi tersebut dianggap tidak becus kinerjanya. Gengsi KONI di PON ini harus diakui sangat tinggi. Inilah yang membuat pertarungan PON selalu menarik dan tidak heran menyedot ANGGARAN NEGARA (baca APBN/APBD yang salah satunya didapat dari UANG RAKYAT yang dibayarkan dari pajak). Untuk PON cabor catur selama ini didominasi oleh daerah JABAR, DKI, Jatim, Kaltim, dan beberapa daerah lainnya.

Turnamen catur resmi kedua yang juga ramai diikuti adalah KEJURKAB -> KEJURDA -> KEJURNAS yang diselenggarakan oleh organisasi induk olahraga catur yaitu PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia). Dana Kejurkab/Kejurda/Kejurnas ini bisa diambil dari dana KONI/APBN-APBD juga bisa dari SPONSOR Swasta dan DONATUR pribadi. Gengsi Kejurnas ini juga tinggi antar provinsi se-Indonesia. Kalo Kejurprov antar kota/kabupaten se-Provinsi. Sedangkan Kejurkab itu antar KECAMATAN se-Kota/Kabupaten. Kejurkab,Kejurda,Kejurnas digelar SETIAP TAHUN SEKALI. Di event KEJURNAS CATUR yang sering menjuarai adalah DKI,JABAR,JATIM, dan lain-lainnya.

Berikut ini adalah kejuaraan-kejuaraan catur resmi yang digelar di Indonesia beserta rentang waktu digelarnya dan organisasi yang menyelenggarakannya:

PORKAB -> PORPPROV -> PON --- digelar oleh KONI - 4 tahun sekali
KEJURKAB -> KEJURPROV -> KEJURNAS --- digelar oleh PERCASI  - 1 tahun sekali
O2SN Kab/Kota -> O2SN Prov -> O2SN Nasional ---- digelar oleh DIKNAS (SD dan SMP) - 1 tahun sekali
PORSENI Kab/Kota -> PORSENI Provinsi ---- digelar oleh  DISPORA - 1 tahun sekali
POMDA -> POMNAS ---- digelar oleh BAPOMI - 2 tahun sekali
POR KORPRI Nasional ---- digelar oleh KORPRI - 1 tahun sekali
KEJURNAS CATUR MAHASISWA ---- digelar oleh DIKTI - 1 tahun sekali?
PEPARNAS ---- digelar oleh NPC Indonesia - 4 tahun sekali
PORWANAS ---- digelar oleh PWI/SIWO - 2 tahun sekali
POPDA -> POPNAS ---- digelar oleh DISPORA - 2 tahun sekali?
POSPENAS --- digelar oleh DEPAG - 2 tahun sekali?
AKSIOMA --- digelar oleh DEPAG - 2 tahun sekali?

Apalagi ya yang lainnya yang belum saya sebutkan?

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.