CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

CHESS BASQUE SYSTEM CATUR MODEL BARU DENGAN 2 PECATUR DAN 2 PAPAN CATUR PLUS 2 JAM CATUR PULA

Berbagai variasi permainan catur telah dimainkan orang dari masa ke masa. Mulai dari buah-buah caturnya yang 'aneh', variasi waktu permainan, variasi jumlah pemain. dan sebagainya. Dalam sistem Swiss di turnamen catur, pemain akan bermain 1x dengan pegang buah putih atau hitam yang biasanya diatur langsung dengan program komputer seperti Swiss Manager. Kadang dalam 9 babak akan memainkan buah putih sebanyak 4x, bisa juga 5x sesuai peruntungannya. Dalam sistem gugur versi FIDE-KO setiap babaknya dimainkan sebanyak 2x dengan lawan yang sama yang mana pegang hitam dan putihnya bergantian. Jika 1-1 maka ditentukan dengan partai play-off, biasanya waktu dikurangi atau langsung dengan sistem Sudden Death (Putih dikasih waktu 6 menit, hitam waktu 5 menit jika remis hitam dinyatakan menang). Karena dimainkan 2x dalam waktu yang berbeda ini tentu memakan 2x lipat pula. Akhir-akhir ini mulai ramai dipertandingkan sistem BARU yang dinamakan CHESS BASQUE yang mana pertandingan catur dimainkan oleh 2 orang dengan 2 (dua) papan catur dan 2 jam catur pula (waktu 25 menitan) dalam waku yang bersamaan. Dengan 1 papan pegang putih dan papan 1 nya pegang hitam. Sistem cerdik ini jelas SANGAT MENGHEMAT WAKTU menjadi nyaris separuhnya tanpa mengorbankan prinsip keadilan karena kedua pemain yang berhadapan sebagai lawan ini sama-sama merasakan pegang putih atau hitam menghadapi lawan yang sama. Turnamen catur yang terbaru yang menggunakan sistem CHESS BASQUE ini adalah SPORTACCORD WORLD MIND GAMES 2014 (CHESS) di kota Beijing-China.

Turnamen catur dengan 2 papan catur dan 2 jam catur ini kayaknya menarik juga dilihat. Pemain harus mengatur waktunya sedemikian rupa, harus memfokuskan diri papan catur yang mana. Setiap kemenangan 1 papan nilainya 1, jika 2 papan menang semua berarti nilai 2. Strateginya akan beda jika pake 1 papan catur saja. Fokus konsentrasi otak harus juga dibagi menjadi 2 (dua) sisi, sisi kanan dan sisi kira, yang pegang buah putih dan juga pegang buah hitam. Selain itu semua, peraturan bermainnya sama persis dengan yang biasanya (1 papan catur).

Karena pake meja yang lebih panjang, tentu memakan ruang yang lebih besar pula. Kursi yang dipake pun sepertinya harus pake RODA biar leluasa bergerak dari sisi kiri ke sisi lainnya. Jika 1 posisi sudah menang, maka tinggal posisinya yang 1 kalo bisa ya cari menang, jika tidak maka bisa diremiskan aja sudah menang 1.5-0.5. Mungkinkah sistem BASQUE ini akan populer di turnamen-turnamen catur, baik di Internasional atau pun lokal Indonesia.
Berita di chessbase yang mewartakan World Mind Games 2014 (Catur) di Beijing-China bisa diakses di alamat:

Wah kayaknya bisa dicoba nih di Indonesia, turnamen catur sistem Basque ini? Jelas belum pernah dilakukan, karena memang masih baru. Yang pasti MEJANYA harus LEBIH PANJANG. Betul Tidak?

3 komentar:

  1. Kalau waktunya habis dan belum ada yang menang, terus bagaimana?

    BalasHapus
  2. nice post gan
    Cara mendapatkan pulsa gratis mudah, hanya dengan mengundang 7 orang anda bisa dapat pulsa 20.000 situs lokal,
    keterangan lebih lanjut + Tutorial
    silahkan masuk
    Disini
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. permainan catur bisa mebuat daya berpikir kita menjadi lebih fokusss, dan bisa membuat strategi-strategi yang jitu.

    BalasHapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.