CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

3 PECATUR TOP INDONESIA BERUSAHA MENGGAPAI GELAR DAN RATING DI TURNAMEN CATUR INTERNASIONAL HDBANK 2013 VIETNAM

Tujuan seorang atlit catur menekuni PROFESI sebagai pecatur adalah agar mendapatkan KEUNTUNGAN yang sebesar-besarnya dari CATUR, utamanya di bidang MATERI (baca: UANG), SERING JUARA dan TERKENAL, FASILITAS dari daerah yang diperkuatnya, KELILING DUNIA GRATIS, BEA SISWA SEKOLAH, KEMUDAHAN MENCARI PEKERJAAN dan lain sebagainya. Jalan yang harus dilalui dan tak bisa dihindari adalah BANYAK MENGIKUTI TURNAMEN-TURNAMEN CATUR KUAT baik di dalam negeri, UTAMANYA di LUAR NEGERI (jika di dalam negeri SUDAH TAK ADA LAWAN). Tujuan mengikuti turnamen-turnamen semacam ini SELAIN UNTUK MEMPERBANYAK JAM TERBANG, MENYEDOT PELAJARAN HIKMAH CATUR, tentunya juga untuk MENDAPATKAN HADIAH UANG YG NILAINYA SEMAKIN BESAR JIKA LEVELNYA SEMAKIN TINGGI. Selain itu mengikuti Kejuaraan-Kejuaraan Catur dan peserta kuat-kuat dengan ELO Rating tinggi di atas kita - jelas akan bisa MENAIKKAN RATING KITA. Seperti yang telah kita ketahui, RATING adalah ANGKA YANG MENGGAMBARKAN KEKUATAN SEORANG PECATUR. Atau kekuatan/level seorang pecatur itu bisa dilihat dari ANGKA RATINGNYA. Rating akan bertambah jika kita memperoleh kemenangan utamanya lawan yg ELO RATINGNYA lebih tinggi dan berkurang jika kalah, apalagi kalo kalahnya dengan yang ratingnya di bawah kita, pasti akan tersedot rating kita. Tujuan lain ikut turnamen catur adalah untuk MENINGKATKAN GELAR CATUR kita. Jika NON MASTER maka akan mengejar gelar MP (Master Percasi) kemudian MN (Master Nasional). Selanjutnya dikejarlah gelar MASTER FIDE (MF), Master Internasional (MI) dan yang tertinggi adalah gelar GM (Grandmaster). Dan jika pecatur wanita dengan gelar wanita (MPW, MNW, MFW, MIW, GMW) masih bisa ditingkatkan ke gelar catur PRIA. Beberapa hari ini ada 3 (tiga) pecatur Indonesia yang mengikuti KEJUARAAN CATUR INTERNASIONAL di VIETNAM, yaitu GMW Irene Kharisma Sukandar, MIW Medina Warda Aulia dan MF Pitra Andika. Nama turnamennya 3rd HDBANK Cup Internasional Chess Tournament 2013 yang berlangsung di kota HO CHI MINH - VIETNAM. Kuat nggak sih, turnamen ini? Jika kita melihat pesertanya, so pasti kita akan bilang WOW gitu karena betapa kuatnya para pesaing di turnamen hebat ini. Sebut saja ada nama GM Le Quang Liem 2709 (Vietnam) dan GM Ferenc Berkes 2702 (Perancis). Selain 2 (dua) pecatur top ini masih ada pecatur China GM YU YANGYI 2696 (Juara Indonesia Open 2012) dan Nguyen Ngoc Truong Son (Vietnam) yg berelo rating 2647. 
Turnamen 3rd HDBANK CUP ini saya bilang sangat kuat bukan hanya dari para peserta papan atasnya saja, tapi juga dari peserta lain yang mayoritas berasal dari CHINA, VIETNAM, PHILLIPHINE...Tentu kita semua tahu belaka, bahwa ketiga negara ini adalah NEGARA MACAN-MACAN CATUR ASIA yang peringkat caturnya di atas INDONESIA. Oleh karena itulah saya tidak begitu heran jika para pecatur Indonesia yang ikut di sini seolah tak mampu berbuat banyak, hanya GMW Irene yang sampai sejauh ini baru kalah 1x dari pecatur yang memang jauh di atas kelas Irene dan dapat hasil remis 2x dan menang 2x . MIW Medina sudah kalah 2x remis 2x dan hanya menang 1x dari main 5 babak. MF Pitra Andika sepertinya belum bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya (atau lawan2nya terlalu kuat, ya?). Main 5x, sudah kalah 4x dan hanya menang 1x saja. Bahkan kalahnya dari pecatur yang ELO RATINGnya di bawahnya. Tapi jangan salah, mereka adalah pecatur-pecatur dari CHINA dan VIETNAM.

Semoga beberapa babak tersisa masih bisa diselamatkan oleh para pecatur Indonesia di turnamen catur di KANDANG MACAN ini.  Semoga Master PITRA bisa bangkit agar RATINGNYA TIDAK TURUN jika kalah dan kalah lagi. Untuk mengikuti turnamen catur ini secara langsung bisa diakses di alamat:


Sedangkan situs resmi turnamen 3rd HDBank Cup 2013 ini adalah:


PAIRING LENGKAPNYA BISA DIAKSES DI ALAMAT (ADA DOWNLOAD PARTAINYA JUGA):


AYO SIAPA LAGI YANG MAU MENGIKUTI JEJAK MEREKA, IKUT TURNAMEN CATUR DI LUAR NEGERI?

GENS UNA SUMUS.
 

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.