CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Houdini 2.0 Telah Datang Dan Makin Memperkuat Dominasinya Sebagai Engine Catur Terkuat Di Dunia Komputer Catur

Seperti telah dijanjikan oleh pembuatnya, Robert Houdart sekarang sudah meluncurkan engine catur buatannya yang saat ini sebagai yang terkuat No.1 di persaingan engine-engine catur dunia. Engine catur yang dimaksudkan itu tentu kita semua sudah tahu yaitu Houdini 2.0. Yang di versi terbaru ini telah mengusung banyak fitur-fitur baru perbaikan dari versi sebelumnya (Houdini 1.5a). Seperti sudah seringkali saya ulas dalam blog ini, bahwa peranan dari engine catur ini sangat besar untuk membantu kita belajar catur berbantu komputer. Kekuatan komputer untuk belajar catur sedikitnya bisa didapatkan dari 2 (dua) hal. Yaitu DATABASE CATUR (bisa dari Database Permainan Catur/Mega Database, Database OPENING CATUR/Opening Book, ataupun DATABASE ENDING CATUR/Endgame Tablebase) dan dari ENGINE CATUR. Fungsi Database Catur adalah sebagai BANK DATA atau BANK PENGALAMAN CATUR yang sudah pernah dimainkan oleh para pecatur dari seluruh dunia di sepanjang sejarah catur sampai saat ini. Kita MENDAPATKAN KEMAJUAN CATUR tidak semata-mata didapat dari PENGALAMAN KITA SENDIRI dalam BERMAIN/BERTANDING CATUR (baik itu KESUKSESAN/KEMENANGAN ataupun KEGAGALAN/KEKALAHAN/KESALAHAN). Tapi PENGALAMAN INI BISA JUGA DIDAPAT dari PENGALAMAN ORANG/PECATUR LAIN yang sudah tersimpan langkahnya dalam DATABASE PERMAINAN CATUR. Sedangkan FUNGSI ENGINE CATUR adalah untuk MENGANALISA PARTAI-PARTAI CATUR, POSISI CATUR dalam rangka MENCARI KESALAHAN dan JUGA MENCARI LANGKAH TERBAIK dan UNTUK SPARRING! Jadi sangat mustahil kita belajar catur komputer tanpa adanya engine catur. Singkat dikata engine catur bisa disebut sebagai OTAKNYA PROGRAM CATUR (yang berpikir menemukan langkah terbaik), sedangkan tampilan papan+buah catur & menu-menunya itu (biasa disebut GUI Catur) ibarat badan & pakaian saja. Di dalam dunia catur memang banyak sekali engine catur (lebih dari 500 banyaknya). Engine catur peringkat atas (terkuat) kita pakai UNTUK MENCARI KESALAHAN & MENGANALISA PARTAI CATUR sedangkan engine catur yang relatif lemah kita gunakan UNTUK SPARRING MELAWAN kita (disesuaikan dengan level kita saat ini).

Engine Houdini meskipun belum lama keluarnya, telah menggebrak dan menggoncangkan dunia komputer catur dengan MEMATAHKAN DOMINASI engine catur jawara yaitu RYBKA buatan programmer Israel Vasik Rajlich yang selama beberapa tahun selalu mendominasi dunia engine catur. Mulai Houdini versi 1.5a praktis sudah menang lawan Rybka (terbaru versi 4.1). Apalagi yang versi terbaru (Houdini 2.0). Lebih-lebih lagi Houdini 2.0 yang versi Profesional (Pro) telah mengusung fitur MULTI PROCESSOR dan fitur AKSELERASI yang semakin membuat engine ini semakin sakti saja plus tentu saja ALGORITMA yang tentu sudah diperbaiki oleh programmernya dalam mencari langkah terbaik. Memang kelebihan engine Houdini ini dibanding engine lainnya adalah KEMAMPUANNYA dalam BERMAIN POSISI yang jauh lebih baik daripada pesaingnya!

Engine catur yang namanya mengambil dari nama pesulap terkenal di masa lalu ini bahkan telah diakui/dipuji dan juga dipakai oleh para pecatur top dunia seperti GM Viswanathan Anand (India) yang pernah berkomentar sebagai berikut, "If there ever was a computer descendant of the romantic players like Morphy, Anderssen, Spielmann, Marshall, Bogojulbow, Tal, Nezhmetdinov, Shirov, Morozevich it would be Houdini. Houdini is the current World number 1 chess engine and plays in a very romantic style". Terjemahannya kurang lebih, "Jika ada program komputer saat ini yang mampu bermain dengan segala gaya seperti Morphy, Anderssen, Spielmann, Marshall, Bogoljubow, Tal, Nezhmetdinov, Shirov, Morozevich itu adalah engine catur HOUDINI. Houdini adalah engine catur no.1 di dunia komputer catur yang bermain dengan gaya yang sangat romantis."

Berikut fitur-fitur dari Houdini 2.0 yang saya ambil langsung dari situs resminya di alamat: http://www.cruxis.com/chess/houdini.htm

The new Houdini 2 focuses on enhancing the user experience and analysis capabilities of the engine, while providing a useful improvement in strength.

Click here to see a list of new features and improvements in Houdini 2. Full details about installation and configuration of the engine are available in the on-line Houdini Chess Engine User's Guide.

*Improved Analysis support: Save Hash to File, Load Hash from File, Never Clear Hash
(Kemampuan analisa yang sudah semakin canggih: Menyimpan dan memanggil file HASH)

-The complete hash table can be saved to a disk file and reloaded later for continuing the analysis.

-Houdini 2 makes better use of the data in the hash table to restart instantly the analysis at the point where it was previously interrupted.

-By saving the hash table in a disk file you can interrupt the analysis anytime. At a later date you can reload the hash table file in memory to continue the analysis as if no interruption had happened.

-The new "Never Clear Hash" option will keep the hash data in memory even when the position changes or when starting a new game.

*Position Learning (Fitur belajar dari permainan sebelumnya).

-The "Position Learning" mode will automatically save analysis results in a learning database that will be reused in future analysis. This is a more convenient, but less powerful method of using previous analysis results than the manual Save Hash/Load Hash operations of the previous point. (Fitur canggih untuk menyimpan hasil analisa Houdini 2.0 ke dalam file untuk bisa digunakan kemudian).

*Strength Limit feature (Level seting di Houdini 2.0)

-Houdini 2 can limit its skill level from 0 (beginner) to 100 (full strength).

-The strength is limited through a combination of techniques: limiting the number of positions searched, purposely picking a non-optimal move, and ignoring table bases.
(Batasan kekuatan menurut teknik kombinasi: jumlah posisi yang dievaluasi, khususnya unutk posisi yang tidak optimal, tidak termasuk HASH TABLE)

-Up to what skill level can you beat Houdini? (Dengan berbagai level yang sudah disediakan Houdini, dapatkan anda mengalahkan Houdini?)

*Chess960 (Fischer Random Chess) Support (Dukungan Catur Random/Chess960)

-Houdini 2 supports Chess960 a.k.a. Fischer Random Chess games.

*Mate Search (Kemampuan memecahkan Problem Catur MAT)

-To speed up solving deep mates, you can fix a limit on the search depth during the mate search.

*Houdini Pro version for high-end users with powerful hardware (Houdini Versi Pro untuk pengguna serius dengan dukungan hardware tingkat tinggi)

-For advanced servers with many cores on multiple sockets (usually with so-called NUMA architecture), a special Houdini Pro version is available. It significantly improves the scaling of Houdini up to 32 cores and makes use of up to 32 GB of hash memory.
(Houdini 2.0 mengusung teknologi multi processor dan akselerasi kecepatan yang disebut dengan istilah Arsitektur NUMA) khususnya yang versi Pro. Fitur ini mendukung sampai 32 core processor dan memori RAM sampai 32 GB!)

*Improved strength (Kekuatan ditingkatkan)

-Improved evaluation and search make Houdini 2 Standard about 25 Elo stronger than its predecessor Houdini 1.5a. On high-end hardware Houdini 2 Pro with its additional NUMA-related speed improvements is about 40 Elo stronger than Houdini 1.5ab-16.
(Kemampuan engine Houdini 2.0 ini lebih tinggi 25 elo rating dibandingkan dengan yang versi sebelumnya Houdini 1.5a). Dan jika menggunakan yang versi Pro selisih ratingnya dengan yang lama bahkan sampai 40 poin).

Informasi lain tentang engine catur Houdini bisa diakses di alamat:
http://en.wikipedia.org/wiki/Houdini_%28chess%29

Manual Houdini 2.0 bisa dibaca di alamat:
http://www.cruxis.com/chess/manual/index.html

Gimana friend? Percaya dengan kekuatan dahsyat Houdini 2.0? Cobak aja sendiri!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.