CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Sejarah Buku Catur Informator Dan Rahasia Mengapa Informator Sangat Sukses Di Pasaran

Setiap pecatur (utamanya yang serius) tahu belaka dengan buku catur yang paling laris dan paling terkenal di dunia saat ini. Buku apalagi kalo bukan buku catur terbitan penerbit SAHOVSKI dari Yugoslavia yang bernama INFORMATOR atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Chess Informant yang sudah sangat lama jadi acuan perkembangan teori terbaru dari para ahli catur dan Grandmaster dunia. Buku Catur Informator rasanya memang menjadi BUKU WAJIB bagi kalangan pecatur serius dan para master. Setiap terbitan barunya selalu ditunggu-tunggu oleh semua insan catur. Yang terbaru (saat posting ini ditulis) sudah terbit No.108. Selain INFORMATOR, penerbit Sahovski juga sangat terkenal dengan bukunya yang melegenda yaitu seri buku opening Encyclopedia Chess Opening (ECO) yang terdiri dari 5 (lima) buku. ECO A,B,C,D,E. Juga seri buku Ending yaitu Encyclopedia Chess Ending (ECE) yang juga terdiri dari 5 (lima) jilid. Selain itu, mereka juga menerbitkan buku seri OPENING yang DIPERDALAM isinya yaitu SERI MONOGRAPH CHESS OPENING (MCO) yang juga sangat laris di pasaran. Apa saja rahasianya kok begitu suksesnya mereka dan bagaimana sejarah dari buku-buku keren ini? Kita akan diskusikan dalam posting blog hari ini, khususnya buku INFORMATOR (Chess Informant). Simak dan baca teyus ya teman...

Pada awal tahun 1960-an, sekelompok ahli catur dari kota Beograd-Yugoslavia ingin menyusun buku catur bersisi partai-partai yang telah dianalisa dan dikomentari oleh para Grandmaster tapi mudah dan bisa dimengerti oleh semua orang dari semua negara di penjuru dunia tanpa adanya kendala bahasa. Awalnya mereka ini membuat simbol-simbol catur baru sebagai pengganti atau mewakili analisa kalimat dalam memberikan komentar di notasi catur pada partai-partai catur dalam buku yang akan mereka buat. Satu kalimat panjang bisa hanya diwakili oleh beberapa karakter saja. Tentu ini sangat menghemat kertas dan mengurangi ketebalan buku. Juga sangat praktis dan akan mudah dibaca dan dimengerti. Simbol-simbol sederhana tapi sudah mewakili semua yang dibutuhkan oleh sang anotator. Simbol-simbol itu sekarang sudah sangat terkenal dan juga digunakan di buku-buku lain, tapi yang pertama kali memakaianya ya tentu Buku Chess Informant alias INFORMATOR. Bahkan simbol-simbol ini juga dipakai di file-file database catur digital dalam komputer.Tentu sekarang kita tahu makna simbol-simbol tersebut yang sudah akrab di mata pembaca catur yang berlangganan Informator.



Setelah membuat simbol-simbol untuk anotasi permainan catur, mereka membuat klasifikasi pembukaan catur (opening) yang sekarang menjadi terkenal dan standar kodifikasi opening catur yang dikenal sebagai kode ECO (Encyclopedia Chess Opening), misalnya untuk Pembelaan Sisilia Varian Alapin diberi kode ECO B22, Sisilia Naga B76, Sisilia Najdorf B90, Sisilia Sveshnikov B33, Hindia Raja Klasik B90, dan seterusnya. Yang sangat berjasa besar dalam kodifikasi ini adalah pecatur terkenal dari Yugoslavia, siapa lagi kalo bukan GM Alexander Matanovic dkk. Kode ECO sudah menjadi standar dalam buku-buku catur juga digunakan pada software-software catur terkemuka seperti Chessbase, Chess Assistant, dll.

Hal lain yang penting selain itu adalah komentatornya. Kualitas anotasi/komentar dalam sebuah partai tentu ditentukan oleh yang memberikan komentar atau biasa disebut anotator tadi. Umumnya partai-partai dalam Informator dikomentari oleh pemainnya sendiri. Umumnya partai-partai di Informator adalah partai-partai pilihan yang kebanyakan dimainkan oleh para Grandmaster top pada jamannya. Dan partai-partainya pasti partai terbaik atau menarik yang mengandung banyak sekali pelajaran. Tidak ada partai remis singkat masuk di Informator. Juga tidak ada partai panjang bertele-tele dan membosankan di buku ini. Semua partainya indah-indah dan seringkali terkandung teori penemuan opening terbaru atau biasa disebut sebagai Opening Novelty.

Dalam hal kualitas partai-partai catur dan analisanya, saya kira tidak ada yang mampu menandingi kehebatan Chess Informator aka INFORMATOR ini. Partai-partai tingkat tinggi, Olimpiade, Kandiat Juara Dunia, Kejuaraan Dunia tumplek blek di buku yang tidak terlalu tebal tapi padat isinya ini. Anotator pertama yang hebat di Informator pada masa awal-awal buku ini diterbitkan adalah mantan juara dunia GM Dr. Max Euwe dan Mikhael Botwinnik dari Rusia. Botwinnik selain mengomentari partai-partainya sendiri (yang tidak terlalu banyak) juga memberikan komentar dan analisa pada partai-partai Grandmaster top kala itu dan juga sampai pada murid-muridnya di sekolah caturnya yaitu mantan juara dunia GM Anatoly Karpov dan bahkan GM Garry Kasparov. Selain menulis di Informator, Botwinnik juga menulis di buku-buku opening Seri ECO.

Anotator-anotator hebat di Informator dahulunya adalah GM Vasily Smyslov, GM Mikhael Tal, GM Tigran Petrosian, GM Boris Spassky, dll. Pecatur top legendaris GM Bobby Fischer memang tidak banyak menulis di Informator, tapi dia menganalisa partai-partainya sendiri di Informator dengan kualitas yang sangat rinci dan mendalam (sekitar 10 partai). Dari sekian GM yang memberikan sumbangan pada Informator, tak bisa dipungkiri bahwa pecatur top dunia yang sekarang sudah mundur di dunia politik Rusia yaitu GM Garry Kasparov adalah penyumbang terbesar dalam tulisan-tulisan analisa partai-partai di Informator. Selain Kasparov, Kramnik juga memberikan pemikiran yang tidak sedikit. Sampai saat ini hampir semua pecatur top dunia telah menulis dan Informator, termasuk pecatur No.1 dunia GM Magnus Carlsen, pecatur 2 India GM Viswanathan Anand, pemegang gelar Juara Dunia Catur Resmi. GM Levon Aronian, GM Veselin Topalov dan masih banyak lagi.

Dengan kualitas partai-partai dan nama besar yang menganalisa, siapa yang akan meragukan kualitas buku ini. Semua pecatur di muka bumi ini agaknya sepakat bahwa Buku Catur Informator adalah buku catur terbaik sepanjang sejarah penerbitan buku catur dan sampai hari ini masih saja diburu baik yang versi asli, maupun lewat 'belakang' alias yang copyan. Rasanya belum lengkap dalam perpustakaan catur kita kalo belum ada buku catur Informator, Opening seri ECO, Ending seri ECE, juga Opening seri Monograph terbitan Sahovski. Oplahnya yang jutaan eksemplar sudah tidak diragukan lagi berapa banyak keuntungan yang didapat oleh penerbitnya.

Selain itu kelebihan dalam setiap buku informator adalah struktur dalam bukunya yang sangat baik dan mengandung banyak pelajaran. Selain partai-partai yang sudah diurutkan dalam kode ECO, juga ada PARTAI TERBAIK (setiap nomor biasanya dipilih 10 partai terbaik) yang dipilih oleh redaktur+para Grandmaster yang memberikan anotasi. Yang lain, di lembar-lembar belakang ada lembar penemuan opening terbaru/NOVELTY, ending pilihan dan middle/kombinasi yang diambil dari partai-partai dalam buku tersebut.

Selain diterbitkan dalam versi cetak, seiring dengan perkembangan teknologi komputer, Sahovski juga merilis Informator versi Digital dengan format Chessbase dan format standar PGN. Database catur Informator ini bisa dibuka dari software-software catur terkenal saat ini seperti Chessbase, Fritz, Chess Assistant, dll. Bahkan yang versi PGN bisa dimainkan di sebarang program catur dari komputer, laptop, PDA bahkan HP sekalipun.

Situs resmi dari situs Sahovski (penerbit Informator) bisa diakses di alamat: http://www.chessinformant.rs/
Sebagian dari posting ini dicuplik dari Sumber Aslinya di internet di alamat:
http://www.chess.com/article/view/secret-of-chess-informant
Teman-teman sudah punyak Buku Catur INFORMATOR?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.