CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Maraknya Turnamen Catur 1 atau 2 Hari Selesai - Catur Cepat Kian Ngetren

Jaman dahulu turnamen Catur berlangsung lama selesainya. Bagaimana tidak lama, lha wong ada partai tundanya segala. Tahun 1990 saat ikut Kejurnas Catur di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, saya waktu itu main 1 partai lamanya masih 6 (enam) jam. Dari tahun ke tahun, waktu per babaknya semakin pendek. Di Kejurnas Catur 2010 di Manado, waktu per babaknya 90 menit x 2 (+increment 30 detik/langkah). Tidak salah khan? Di turnamen-turnamen catur yang tidak resmi/open waktunya lebih pendek lagi. Ada yang per babaknya 60 menit x 2 (tanpa increment). Dan beberapa tahun belakangan ini, yang trend adalah turnamen catur cepat 25 menitan. Biasanya turnamen dengan waktu pendek ini dijatah selesai dalam 2 hari (biasanya minimal 9 babak), bahkan ada yang cuman 1 hari saja (biasanya maksimal 7 babak). Kita akan mendiskusikannya pada posting hari ini. Tetap di channel ini ya!

Turnamen catur berdurasi pendek (1 atau 2 hari selesai) ini semakin tren dan sering saja digelar di Indonesia. Frekuensinya jelas lebih banyak daripada turnamen catur klasik. Yang terakhir digelar adalah turnamen catur cepat yg disponsori SAMPOERNA di kota Semarang tanggal 16 Januari 2011 kemarin, yang juga bersamaan waktunya dengan turnamen catur cepat yang digelar di kota Solo. Sebelumnya di Jakarta juga digelar turnamen catur dengan waktu cepat seperti ini dengan sponsor Japfa. Memang terbukti sponsor senang juga dengan turnamen catur cepat semacam ini.

Turnamen catur cepat tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya tentu karena waktu penyelenggaraan yang singkat, anggaran atau biaya penyelenggaraan turnamen juga bisa ditekan lebih kecil. Waktu pendek ini juga menguntungkan bagi peserta karena 'biaya hidup' selama turnamen jadi lebih murah. Juga bagi yang punya pekerjaan atau terikat sebagai karyawan tidak perlu terlalu lama meninggalkan kerja karena biasanya turnamen catur cepat digelar hari Sabtu malam dan hari Minggu (hari libur).

Dalam pertandingan catur hal yang menarik selain posisi-posisi dalam sebuah partai, juga ketegangan kedua pemain yang ngotot dalam krisis waktu menimbulkan keasyikan tersendiri. Apalagi kalo yang main adalah pecatur master top. Dalam pertandingan catur cepat, pemain umumnya akan melewati krisis waktu ini lebih sering.

Oleh karena itulah turnamen catur cepat kayaknya lebih banyak diminati dan diikuti oleh para pecatur. Meskipun umumnya hadiahnya tidak sebesar turnamen catur klasik. Dan karenanya lebih banyak digelar di tanah air. Saat ini dan yang akan datang sepertinya turnamen catur cepat akan tetap banyak digelar. Makanya para pecatur (serius/professional) harus selalu siap dalam pertandingan catur cepat. Dan mungkin harus belajar/mempersiapkan secara khusus untuk mengikuti turnamen catur cepat agar hasilnya maksimal!

Sedang kekurangan turnamen catur cepat adalah peserta butuh fisik yang lebih kuat dibanding turnamen catur biasa/klasik agar bisa bermain baik karena babak-babak dimainkan secara berkelanjutan tanpa istirahat yang memadai. Juga karena mainnya terus menerus, kualitas partai yang dimainkan tentu tidak sebaik pada turnamen catur klasik.

Apa lagi ya yang menarik di catur cepat?

Saudara-saudara lebih suka turnamen catur klasik atau catur cepat?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.