CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Latihan Kalkulasi Dengan Fitur Calculation Training Pada Fritz 11 atau 12

KALKULASI CATUR adalah salah satu skill catur terpenting yang wajib dikuasai dengan baik oleh pecatur. Tapi juga termasuk skill catur yang sangat sulit dikuasai dengan sempurna! Kemampuan Kalkulasi kalkulasi diatur dalam 3 (tiga) paramater yaitu 1.LUAS - mampu melihat sebanyak mungkin langkah, 2.DALAM - mampu menghitung sedalam mungkin langkah dan 3.AKURAT - mampu menghitung seakurat/SEJELAS mungkin langkah!. Kemampuan MENELUSURI PERCABANGAN LANGKAH dengan SANGAT JELAS DALAM PIKIRAN adalah RAHASIA PARA MASTER, utamanya DI AKHIR PERHITUNGAN LANGKAH seperti yang pernah dikatakan oleh pecatur top belia nan jenius peringkat No.1 Dunia GM Magnus Carlsen (Norwegia). Jadi kenapa kita TIDAK MENIRUNYA? Untuk mencapai skill catur KALKULASI yang mumpuni pada 3 hal tersebut tentu tidak segampang mengedipkan mata! Dibutuhkan KUANTITAS (JAM TERBANG) yang tinggi/cukup dan KUALITAS (CARA/METODE) BELAJAR yang setepat-tepatnya! Latihan KALKULASI BISA DENGAN MANUAL (TANPA KOMPUTER) dan bisa dilatih dengan komputer juga. Latihan Kalkulasi dengan Komputer meskipun masih terbatas tapi sudah sangat membantu dan bisa mempercepat hasil dalam belajar skill yang satu ini. Salah satu caranya adalah dengan bantuan program catur Fritz (keluarga Chessbase) dengan memanfaatkan fitur 'CALCULATION TRAINING'. Kita akan sedikit belajar bersama dalam posting kita hari ini...

Fitur ini baru ada pada Fritz versi 11 dan 12. Prinsip dasarnya latihan ini:

1.Kita memilih sebuah posisi tertentu, boleh di opening, middle atau ending. Tapi agar efektif hasil latihan KALKULASI CATUR ini, usahakan bangunan/posisi yang dipilih bersifat terbuka dan masih cukup buah yang tersisa di atas papan catur.

2.Setelah posisi dipilih, baru kita aktifkan fitur 'Calculation Training' ini lewat menu yang tersedia.

3.Kemudian kita bisa latihan kalkulasi dengan cara MELANGKAHKAN BUAH CATUR SEPERTI BIASA sesuai dengan posisi dengan tujuan biasa yaitu MEMILIH LANGKAH TERBAIK pada posisi tersebut. Tapi di sini bedanya, meskipun NOTASI SUDAH MENANDAKAN KITA SUDAH MELANGKAH tapi BUAH CATUR TIDAK PINDAH SAMA SEKALI. Ini artinya kita latihan SEMI BLIND. Pada tahap inilah sebenarnya latihan kalkulasi aslinya dilakukan! Kondisi ini sama persis dengan saat kita bermain/bertanding catur dalam praktek nyata!

4.Langkahkan terus sampai sebabanyak mungkin langkah, semampu anda.

5.Untuk melakukan cek apakah langkah anda SAH atau TIDAK, bisa meng-klik icon CAWANG HIJAU pada toolbar di atas. Jika semua langkah kita ada yang ilegal, Fritz akan memberi tahu kita. Sedangkan jika semuanya sudah sah, akan ada kata OK.

6.Pengecekan selain sah atau tidaknya langkah, juga pada TAKTIK yang telah kita buat alias AKURASI LANGKAH KITA. Jika langkah kita mendekati/sama dengan yang dipikir komputer/engine, maka berarti kalkulasi kita sudah akurat. Jika tidak sama, maka belum akurat begitu seterusnya.

7.Hasil kalkulasi catur yang telah kita latih bisa disisipkan langsung pada NOTASI CATUR yang tersedia dan bisa kita SIMPAN jika diperlukan.

8.Setelah selesai latihan kalkulasi, tinggal klik tanda SILANG MERAH.

9.Ya... Gitu aja prinsipnya.

Untuk lebih lengkapnya, silakan membacanya sendiri langsung dari situs resminya (Chessbase) yang berisi tutorial lengkap dan panjang lebar plus ada Videonya juga.

Sumber tutorial manual latihan ini bisa diakses di alamat aslinya pada:
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4508 (Bagian 1)
http://www.chessbase.com/workshop2.asp?id=4509 (Bagian 2)
http://www.chessbase.com/workshop2.asp?id=4510 (Bagian 3)
http://www.chessbase.com/workshop2.asp?id=4511 (Bagian 4)

Video 'demo tutorial' Belajar Kalkulasi dengan Fitur 'Calculation Training' dengan Fritz bisa diakses/didownload di alamat:
http://www.fritzserver.biz/Fritz11_Calculation_Training

Yuk kita belajar latihan kalkulasi dengan Fritz!
Maaf ya teman, jika penjelasan dari saya kurang lengkap!


GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.