CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Software Catur Untuk Blackberry Nggak Seberapa Banyak Ternyata

Kemajuan teknologi komputer dan telekomunikasi saat ini semakin memudahkan dan mensejahterakan umat manusia dan telah masuk ke berbagai sendi-sendi kehidupan termasuk ke dalam permainan catur. Kebutuhan bermain dan belajar catur dengan komputer semakin lama semakin penting saja. Kalo dulu bisa bermain catur melawan komputer saja sudah dianggap canggih. Sekarang kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan komputer catur dengan mudah dan cepat seiring dengan semakin canggihnya perangkat keras dan perangkat lunak yang ada saat ini. Mulai dari sparring, menganalisa partai, mengeksplorasi langkah-langkah komputer, quiz catur, dan lain-lainnya sampai seperti bermain catur online dengan lawan pecatur yang ada di seberang dunia sana via internet. Kita semua tahu bahwa kalo kita bermain catur online dengan komputer via internet kalo pake laptop/netbook apalagi desktop masih kurang praktis dan leluasa. Maka yang paling enak kalo main catur online di antaranya adalah dengan ponsel/smartphone/PDA.

Memang saat ini kita telah bisa bermain catur online di ponsel, mulai dari ponsel yang jadul dengan fitur minim dengan software catur berbasis Java tapi sudah ada koneksi internetnya via GPRS, hingga yang canggih dan sudah ada fasilitas koneksi internet cepat macam HSDPA/HSUPA. Banyak jenis perangkat mobil yang bisa kita manfaatkan untuk bermain/belajar catur. Ada HP Jadul dg Javanya, HP dg OS Symbian (gerombolannya Nokia cs), yg pake Linux, yang pake Palm, Windows Mobile, hingga yang terbaru saat ini yakni ponsel dengan Apple iPhone, OS Google Android dan RIM Blackberry. Pada kesempatan posting kita kali ini, kita sharing info tentang SOFTWARE CATUR untuk perangkat mobile Blackberry yang saat ini memang sudah sangat pesat perkembangannya sampai mendunia.

Blackberry berkembang pesat sebagai perangkat komunikasi digital pesaing ponsel-ponsel konvensional macam produk-produk Nokia, Sony Ericsson, Samsung, dll. Kelebihan Blackberry yang paling mencolok adalah fitur komunikasinya yang disebut dengan PUSH EMAIL yaitu fasilitas EMAIL serasa seperti SMS. Sebelum adanya teknologi Push email, untuk membuka email pengguna harus konek via internet (misal dg GPRS), kemudian baru menarik/cek mailbox kita. Dengan push email, kita tidak perlu melakukan itu semua, cukup standby aja dan jika ada email masuk maka ringtone di Blackberry kita akan berbunyi, persis seperti layanan SMS hanya ini berlaku pula untuk email.

Kita kembali ke Catur Blackberry. Sejatinya kalo mau obyektif, perangkat yang namanya Blackberry ini sama saja dengan perangkat perangkat lainnya untuk software-softwarenya. Hardwarenya pun tidak terlalu istimewa, tapi harganya relatif jauh lebih mahal dibanding perangkat sejenis. Bahkan kalo menurut saya, kecanggihannya masih kalah dibanding dengan PDA/Smartphone yang menggunakan OS Windows Mobile (seperti yang selama ini saya pake) utamanya untuk CATUR. Software-software catur untuk Blackberry relatif sangat sedikit dibandingkan dengan yang OS Windows bahkan masih kalah dibanding dengan yang OS Symbian (Nokia cs). Software-software caturnya pun terbilang 'kalah jauh' dibandingkan dengan yang OS Windows. Kalo di Windows ini ada Chessmaster, Chess Genius, Convekta Series (seperti POcket CT-Art untuk belajar taktik dll.), sampai Pocket Fritz yang sangat canggih dan kompatibel dengan software Chessbase kenamaaan yaitu Fritz, Rybka dan keluarga Chessbase lainnya, di Blackberry tidak ada produsen software catur kenamaan yang bikin produk untuk alat ini.

Jadi kesimpulan saya: perangkat Blackberry kurang OK kalo dipakai untuk CATUR SERIUS. Untuk pecatur yang serius lebih baik gunakan Gadget dengan Sistem Operasi Windows Mobile atau biasa disebut dengan Pocket PC. Saat ini produsen yang memproduksinya antara lain O2, Dopod, HTC, dan lain-lain. Contoh, yang sedang dipakai penulis saat ini adalah PDA Phone O2 XDA Atom Life dengan spesifikasi Processor 624 MHz, RAM 64MB, ROM 1 GB, 3G, HSDPA, dll. Dengan PDA ini penulis bisa membawa semua kebutuhan KOMPUTASI CATUR yang penulis butuhkan termasuk software catur dengan ENGINE CATUR TERKUAT seperti Hiarc, Robbolito, dll. DATABASE-DATABASE Catur penting seperti DATABASE LAWAN, DATABASE TAKTIK, DATABASE CATUR Terbaru, Database ENDING, DATABASE STRATEGY, dan lain-lainnya.

Kembali ke Blackberry. Berikut software-software catur yang bisa dimainkan pada perangkat Blackberry:

1.Chess.com

Berguna jika diinstall khusus untuk bermain catur online di server catur online chess.com. Juga ada latihan taktiknya.
Linknya: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/12535

2.Grandmaster's Chess

Bisa untuk sparring offline dengan berbagai tingkatan level.
Link: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/4388

3.Karpov 3D Advanced Chess

Dengan tampilan papan catur 3 Dimensi, tapi yang tidak seberapa bagus.
Link: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/3691

4.Solverlabs Chess

Mainnya sangat kuat. Tampilan 2Dnya OK.
Link: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/10718

5.Odyses Chess

Ini yang paling terkenal dan banyak dipakai. Bisa main sparring offline dengan opening book 60 ribu posisi dengan 8 level kesulitan. Bisa untuk main catur online via server FICS.
Link: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/953

6.LCC Chess Online

Banyak fitur dan tampilan OK. 6 Level kesulitan untuk sparring. Ada problem caturnya, dll. Dan tentu bisa untuk main catur online pula.
Link: http://appworld.blackberry.com/webstore/content/848

Ada yang tahu software catur buat Blackberry yang lainnya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.