CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Rybka 4 Engine Catur Terkuat Di Dunia Yang Telah Lama Ditunggu Telah Hadir

Keberadaan Engine Catur dalam software catur adalah mutlak adanya. Tanpa adanya engine catur, software catur tidak bisa digunakan untuk bermain/sparring, apalagi untuk menganalisa permainan. Ibarat manusia, engine catur ini adalah OTAKNYA. Sedangkan tampilan papan+buah catur dan MENU-MENUnya dikenal sebagai GUI (Graphical User Interface) . Pada masa lalu, engine catur ini keberadaannya menyatu dengan GUI pada software catur. Contohnya adalah Chessmaster. Engine catur dalam Chessmaster yang bernama The King, sudah menyatu dalam program ini. Setelah para programmer catur merasa bahwa hal ini kurang fleksibel dan menguntungkan jika para programmer ini membuat GUI sendiri-sendiri, akhirnya mereka membuat standar baru yang biasa disebut dengan PROTOKOL dimana Engine Catur bisa terpisah dari GUInya. Pertama mereka membuat standar GUI dan Engine yang terpisah ini yang diberi nama XBoard yang dirintis dalam Sistem Operasi Linux. GUI Xboard ini bisa memainkan banyak varian catur seperti Catur Standar, Catur Gajah/China, Catur Jepang/Shogi, dan lain-lain. Kemudian mereka mem-portingnya dalam Sistem Operasi Windows dengan sebutan Winboard. Engine-engine catur yang bisa dimainkan dalam Winboard diantaranya adalah GNU Chess, Crafty, Delfi, PetirX (buatan programmer Indonesia), dan lain-lain. Dalam perkembangannya protokol Winboard ini memiliki banyak kelemahan yang menginspirasi para programmer untuk memperbaikinya. Akhirnya mereka membuat standar yang lebih baik yang saat ini lebih populer dan banyak dipakai yaitu standar protokol UCI (Universal Chess Interface). Sebagian besar engine catur yang top saat ini berbasis pada protokol UCI inilah. Dan dari semua engine catur UCI yang beredar saat ini yang terkuat adalah Engine Catur Rybka yang akan kita bahas dalam posting kita kali ini, yang mana saat ini sudah menginjak pada Versi Rybka 4.

Setelah lama ditunggu-tunggu baik oleh para penggemar, antusias catur, fans, sampai para pecatur serius/profesional (termasuk para Grandmaster dunia) pada 28 Mei 2010 Rybka 4 resmi dirilis oleh Vasik Rajlich (Programmer pembuat Rybka). Rybka 4 dirilis dalam berbagai versi, yaitu Versi Chessbase (Chessbase Rybka 4 dan Chessbase Deep Rybka 4, serta termasuk Chessbase Rybka 4 Opening Book oleh Jiri Dufek), Versi Convekta (Rybka 4 Aquarium, Rybka 4 Opening Book For Aquarium), dan versi UCI yang independent (hanya engine saja tanpa GUI) dan bisa dimainkan di sebarang GUI catur yang mendukung protokol UCI seperti Chessbase, Aquarium, Arena, dll.

Sedangkan untuk Rybka 4 versi UCI hadir dalam 10 versi:

- Rybka 4 32-Bit
- Rybka 4 64-Bit
- Rybka 4 960 32-Bit
- Rybka 4 960 64-Bit
- Deep Rybka 4 32-Bit
- Deep Rybka 4 64-Bit
- Deep Rybka 4 960 32-Bit
- Deep Rybka 4 960 64-Bit
- Deep Rybka 4 SSE42 32-Bit
- Deep Rybka 4 SSE42 64-Bit

Versi yang ada angka 960 berarti engine catur ini untuk dimainkan pada Catur Random (Catur Fischer atau Catur 960). Versi Deep berarti dipakai untuk komputer dengan banyak prosesor (bisa juga dipakai untuk komputer yang single processor tapi tidak optimal kinerjanya). Versi 32-Bit berarti dipakai untuk komputer dengan Sistem Operasi yang 32 Bit (kebanyakan Windows yang beredar di masyarakat adalah yang versi 32 Bit). Versi 64-Bit berarti dipakai untuk komputer dengan Sistem Operasi yang 64 Bit. Kalo memakai Windows harus juga yang versi 64 Bit. Versi SSE42 berarti engine catur ini khusus dipakai untuk komputer dengan processor dengan teknologi terbaru macam Intel Core i7. Pemakaian Engine Catur yang sesuai akan mendapatkan kinerja engine catur yang MAKSIMAL.

Sejak muncul pertama di dunia engine catur (mulai Rybka 1.), sudah sekian lama engine Rybka merajai dunia engine catur mengalahkan dan melewati para pesaingnya seperti The King, Fritz, Nimzo, Hiarcs, Shredder dan lain-lain. Rybka versi 4 telah mengalami banyak perbaikan termasuk kekuatan enginenya yang sekitar 50 poin rating lebih tinggi dibanding Rybka 3. Menurut situs CEGT maupun CCRL yang secara rutin memantau dan melakukan testing berkala terhadap semua engine catur yang beredar saat ini per 1 Juni 2010, Rybka 4 tetap masih yang No.1. Silakan lihat pada sidebar di sebelah kanan dari Blog ini.

Kesuksesan Rybka ini ternyata membuat iri banyak programmer (utamanya para programmer Rusia). Yang mana engine Rybka ini adalah engine catur YANG KOMERSIAL dan TIDAK OPEN SOURCE. Mulailah satu per satu para programmer ini mencoba berbagai cara untuk mencari rahasia KEKUATAN RYBKA dan membuat engine catur yang mampu mengalahkan engine Rybka. Pertama muncul engine catur Strelka dan Belka (Open Source) yang oleh banyak kalangan dianggap sebagai kloning dari Engine Rybka. Kode-kode program dari Strelka diyakini adalah hasil DE-COMPILE dari Rybka. Setelah itu mulai banyak bermunculan engine-engine catur yang sangat-sangat kuat mendekati kemampuan Rybka dan bahkan yang terbaru mampu mengungguli Rybka.

Yang terbaru adalah engine-engine catur KELUARGA IPPOLITE (dibuat oleh para programmer Rusia atau negara pecahannya) yang terdiri dari Iggorit, Ippolite, IvanHoe, Cyclone, dan FireBird (sekarang sudah berubah menjadi Fire). Dari beberapa testing yang dilakukan oleh para pengamat memang engine-engine catur ini sangat-sangat kuat dan mampu mengimbangi Rybka. Bahkan dalam beberapa testing tertentu bisa menang lawan Rybka. Selain keluarga Ippolite, muncul lagi engine catur baru yang juga hebat yaitu Houdini yang setelah saya test sendiri memang jos. Engine-engine catur ini oleh para programmer dianggap merupakan kloningan Rybka.

Menurut saya ada beberapa kemungkinan dari engine-engine kuat pesaing Rybka ini. Pertama para programmer ini berusaha men-DECOMPILE Rybka dan memodifikasi (memperbaiki) kode programnya sehingga bisa mengalahkan Rybka. Kedua, para programmer ini sudah mengetahui RAHASIA dari kekuatan Rybka (resepnya Vasik Rajlich) dan membuat engine catur sendiri atau memodifikasi yang sudah ada seperti Fruit dan Toga. Sekedar info bahwa nenek moyang dari engine sakti Rybka adalah engine Fruit inilah. Tentang kebenarannya hanya TUHAN yang tahu.

Lain waktu kita posting dan bahas khusus engine-engine catur yang kontroversial ini ya. Semoga saya ada waktu buat mem-postingnya.

Secara umum Rybka 4 tentu lebih baik daripada Rybka 3. Lebih kuat, kemampuan analisa lebih baik, akurasi taktik dan serangan mengarah raja lebih baik, analisa babak akhir lebih sempurna, kemampuan menangani bangunan komplikasi lebih baik, dan lain-lain. Untuk menangani bangunan yang sulit Rybka 4 (versi Chessbase) ada fitur MONTE CARLO analisis (sudah ada sejak Rybka 3) dengan hasil analisa yang lebih akurat. Kebutuhan hardware dan software yang dibutuhkan wajar-wajar saja. Lihat fitur di bawah.

Berikut fitur-fitur Rybka 4 yang lengkap yang langsung saya catut dari situs resminya (sengaja bahasanya masih saya biarkan seperti bahasa aslinya):

Rybka 3 was formerly the world’s strongest chess program, and clearly lead all ranking lists with ratings well above Elo 3000. Now Rybka 4 is here, with a dramatic improvement of at least 80 Elo points. Rybka, which translates to "little fish", is the shooting star of computer chess and the reigning world champion, having won its title in Amsterdam 2007. Now it is available in the drastically improved version 4.0 and under the ChessBase-Fritz interface. It includes exciting new analysis functions you will not find in other programs.

Today the main use of chess software is interactive analysis. Rybka's superior playing strength helps you to quickly assess a position. But analysis with Rybka 4 is much more than just evaluations and best moves. In the user interface designed by ChessBase, Rybka 4 introduces several ground-breaking new analysis features:

Monte Carlo Analysis in Rybka 4: yields precise evaluations by playing thousands of ultra-fast games in a few minutes in a given position. This is very much like using game result statistics, something human players do when choosing their opening variations. Monte Carlo Analysis can be used in any position, but generally it's most useful in two types of positions:

1) Endgames. Many engines often give high scores to drawn endgames (and sometimes low scores to winning ones). Monte Carlo recognizes fortresses and other no-progress situations. It's also good in Rook endgames, which are another computer problem.

2) Positions. There are games where one side has made a big material sacrifice for slow compensation (i.e. not just tactics). For instance you can find lots of piece sacrifices in famous Grandmaster chess games which no computer will correctly appreciate - but which Monte Carlo gets right.

Sampled Search in Rybka 4: gives detailed information about the search process, showing scores and alternative moves in the main line. This is helpful when the program searches for a long time in one position. It lets the users see how the engine is thinking and making its decisions.

Note that in in the live search you can see that the Rybka engine is working on Kasparov's famous 30.Rxb7 sacrifice, which has not turned up in the engine window yet (it will become the main variation after the next iteration). Note too that the square Chess Informant symbol behind certain moves means that these are forced.

Singular Moves in Rybka 4: are annotated graphically. This indicates situations where only one clearly best move exists.

Look for win in Rybka 4: Whenever you feel that there should be a forced win in a position you can explicitly ask for it. Rybka then searches for a decisive move, considerably faster than in normal analysis.

Persistent Hash in Rybka 4: Rybka can save its hash tables between analysis sessions to preserve valuable information already accumulated in the search tree.

The author of Rybka, Czech-American International Master Vasik Rajlich, has implemented an extraordinary understanding of dynamic factors into his program. This often results in long-term pawn or exchange sacrifices and an active positional playing style resembling human chess. Rybka scores well in all types of situations but dominates especially in asymmetric positions which arise e.g. from Sicilian systems.

The success of the program stems from dedicated team work: IM Iweta Rajlich, rated 2417, is the main tester; Jeroen Noomen contributes opening theory and tournament preparation; IM Larry Kaufman develops positional algorithms.

The Rykba 4 Book by Jeroen Noomen

The Rybka 4 opening book is a high-class compilation of opening theory. It was developed for the world’s strongest chess program Rybka 4 and will maximize the program’s playing strength. The choice of variations in the book is well suited to the style of the program, and the book has been fine-tuned and checked in thousands of games.

The Rybka Book has high value outside computer chess. It reflects the state of current opening knowledge as played in master, correspondence and 100,000 top computer games (up to June 2008). And this is only the starting point: the value of the book lies in its deep original analysis and move choices, which lead to a re-evaluation in many critical points of modern theory. This makes it useful for tournament and correspondence players alike.

The book contains a lot of computer-checked analysis never published anywhere before. The author of the Rybka 4 book is Jeroen Noomen, one of the world’s leading experts in computer opening theory. Jeroen Noomen has been on the Rybka team since the very start, and his preparation is used in all official events, including the World Championship 2007 which Rykba won. In his long career as an opening analyst he has achieved many fine novelties in top computer chess events. Number of positions in the Rybka 4 book: 3,387,966. Size 260 MB. The book runs on any recent ChessBase software.

Note that Rybka 4 includes a database of one million games, and that the purchase of the program entitles you to one year of access to the chess server Playchess.com. Rybka 4 is a UCI engine, with 32 and 64-bit versions included in the package. Rybka can be made the default engine in ChessBase 10.

Want to know more about Rybka? Read our Rybka 3 Indepth Report by Steve Lopez

System requirements: Minimum: Pentium 300 MHz, 64 MB RAM, Windows Vista or XP (SP 2), DVD ROM drive, Windows Media Player 9. Recommended: Pentium IV 2.2 GHz or higher, 256 MB RAM, Windows Vista, GeForce5 or compatible graphics card with 64 MB RAM or higher, 100% DirectX compatible sound card, Windows Media Player 9, DVD ROM drive.

Informasi tentang engine catur Rybka bisa diakses di situs resminya di alamat:
http://www.rybkachess.com

Informasi tentang pesaing engine Rybka yang kekuatannya mendekati Rybka dan menjadi kontroversi yaitu keluarga Ippolite bisa ditengok di alamat:
http://www.chesslogik.com

Informasi tentang engine catur Houdini bisa diliak di alamat:
http://www.cruxis.com/chess/houdini.htm

Informasi lebih lengkap tentang produk-produk Rybka bisa diakses di alamat berikut ini:

Chessbase Rybka 4
http://www.chessbase.com/shop/product.asp?pid=506

Chessbase Deep Rybka 4
http://www.chessbase.com/shop/product.asp?pid=507

Chessbase Rybka 4 Opening Book For Chessbase by Jiri Dufek
http://www.chessbase.com/shop/product.asp?pid=508

Convekta Rybka 4 Aquarium
http://chessok.com/shop/index.php?main_page=product_info&cPath=7_1&products_id=342

Convekta Deep Rybka 4 Aquarium
http://chessok.com/shop/index.php?main_page=product_info&cPath=7_1&products_id=344

Convekta Rybka 4 Opening Book For Aquarium by Jiri Dufek
http://chessok.com/shop/index.php?main_page=product_info&cPath=7_1&products_id=351
Convekta Rybka 4 UCI
http://chessok.com/?p=23724

Amat sangat disayangkan jika engine catur yang top seperti ini tidak kita coba/pakai untuk memajukan catur kita. Bukankah demikian?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.