CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Bagaimana Cara Bermain/Berlatih Catur Jika Sulit Mendapatkan Sparring Karena Kesibukan Bekerja/Belajar?

Saya sering mendengar keluhan dari para orang tua bahwa anak mereka tidak bisa sparring catur karena kesibukan sekolah dan kursus/les mata pelajaran. Kegiatan anak-anak ini sudah sangat padatnya sehingga tidak sempat atau tidak efektif kalo harus 'keluyuran' untuk mencari sparring bermain catur. Dalam posting kali ini saya akan sharing solusi agar meskipun anak-anak sibuk, tetapi tetap bisa berlatih dan bermain catur. Bagaimana agar anak-anak ini tetap bisa latihan catur rutin, sehingga dapat meningkat levelnya. Semoga informasi ini berguna. Simak ya...

Salah satu jalan yang harus dilalui agar pecatur mampu meraih level tinggi dalam catur adalah dengan sparring catur yang cukup dan rutin atau istilahnya mempunyai 'jam terbang' yang tinggi/cukup. Sparring ini sangat perlu untuk menerapkan ilmu-ilmu catur yang selama ini dipelajari ke praktek nyata permainan. Juga sparring ini sebagai sarana untuk menguji kemampuan mereka apakah sudah kuat atau tidak main caturnya. Bagi mereka para pecatur yang tidak mempunyai kewajiban bekerja/belajar tentu tidak masalah. Mereka bisa kapan saja 'keluyuran' di komunitas (warung/cafe) catur untuk sparring. Bahkan bisa langsung mempraktekkan ilmu caturnya di turnamen. Tapi bagi insan catur yang sibuk tentu kesempatan sparring catur menjadi masalah tersendiri. Pecatur yang teorinya baik tapi miskin sparring (baca: praktek) maka ibarat petinju akan kehilangan power dari pukulannya atau pemain sepakbola yang kalah mengejar bola karena otot-ototnya tidak sekuat lawannya yang rutin berlatih. Mereka ini umumnya juga kecepatan kalkulasi langkahnya akan menurun drastis. Dengan sparring catur yang rutin dan cukup dapat dijamin 'otot-otot' otak akan terlatih dan siap digunakan di medan laga.


Berikut cara-cara yang bisa dilakukan kalo kekurangan waktu untuk sparring (utamanya untuk anak-anak) :

1.Mendaftarkan anak anda ke sekolah catur. Dengan ikutnya anak anda di sekolah catur ini, bisa dijamin sparring catur bisa lumayan terpenuhi. Karena para pelatih di sekolah catur ini pasti akan memberikan kesempatan sparring bagi anak anda untuk sparring catur, baik itu simultan dengan pelatihnya, sparring dengan teman-temannya, dalam home turnamen, pertandingan persahataban, atau bahkan mengikutkan anak anda dalam turnamen.

2.Mendatangkan pelatih catur ke rumah alias kursus catur privat. Ini bisa menjamin bahwa si anak akan ada yang mengawasi dan memantau perkembangan belajar dan berlatih caturnya dan dapat mengarahkan si anak menuju tujuan belajar catur. Dan juga biasanya pelatih yang baik, akan bertanggung jawab untuk membuat si anak anda ini dapat meningkat level caturnya dari waktu ke waktu. Si pelatih juga akan mencarikan sparring yang cocok untuk anak anda (selain si instruktur sendiri).

3.Membeli komputer lengkap dengan sofwtare caturnya. Di pasaran sangat banyak software catur yang bisa dipakai sparring. Dari sekian banyak software catur, saya menyarankan Seri Chessmaster (saat ini yang terbaru adalah Chessmaster XI Grandmaster Edition). Hanya kebutuhan mesin komputernya harus cukup karena Chessmaster rakus memori karena tampilan grafisnya yang wah. Komputer dengan prosesor Pentium III, kurang layak dipakai mengoperasikan Chessmaster generasi terbaru. Untuk Pentium III mungkin bisa menggunakan versi Chessmaster yang lebih lama seperti Chessmaster 6000 s/d 8000. Kelebihan Chessmaster adalah adanya fitur lawan manusia 'virtual' yang adanya ratingnya. Si anak sparring dengan Chessmaster mulai dari level rendah (dan kalo menang) akan menuju ke level/rating lebih tinggi. Bagi anak-anak yang serius caturnya, bisa ditambah dengan software catur Chessbase Fritz (saat ini sudah Fritz 11) untuk belajar caturnya.

4.Membeli komputer yang bisa mengakses internet. Tujuannya adalah agar bisa bermain catur online di internet. Banyak server yang menyediakan sarana untuk bermain catur online mulai yang gratis sampai yang berbayar. Yang saya sarankan adalah FICS (Free Internet Chess Server) yang mana server ini mendukung banyak paltform mesin dan sistem operasi, mulai dari komputer, laptop, PDA, UMPC, HDPC, Game Console, sampai ponsel/HP pun bisa untuk main catur online di server ini.

5.Membeli peralatan komputer bergerak (gadget, baca gajet) seperti PDA (Personal Digital Assitant), UMPC (Ultra Micro Portable Computer) dan atau yang terbaru dan tercanggih HDPC (Hybrid Dual Portable Computer) untuk berlatih, sparring catur termasuk bermain catur online. Dengan peralatan canggih ini, si anak bisa bermain/berlatih catur di mana saja dan kapan saja. Software caturnya yang terkenal untuk jenis PDA adalah Pocket Fritz2, Pocket Grandmaster, dll. Untuk UMPC dan HDPC software sama persis dengan komputer/laptop, hanya dimensinya lebih kecil. UMPC biasanya berukuran 4.5" - 7". Sedang HDPC dimensinya lebih kecil lagi sekitar 4", HDPC (dengan menggunakan sistem operasi komputer seperti Windows XP/Vista) sudah dilengkapi dengan fitur koneksi Wifi, 3G, Bluetooth, kamera resolusi tinggi, Radio, TV dan yang pasti ponsel, dll. Ada kuis catur pembukaan, middle, ending, taktik, dll. Bisa mengakses database layaknya komputer, bahkan pada umumnya alat semacam ini sudah bisa mengakses internet, sehingga bisa mendownload database catur terbaru. Asal tidak mengganggu kegiatan belajar di sekolahnya saja ya.

6.Membeli mesin catur digital untuk belajar/sparring catur. Tidak seperti komputer, PDA dan sejenisnya dimana main caturnya menggunakan layar 2 dimensi (meskipun pada beberapa program catur sudah bisa menyajikan tampilan buah catur yang 3 Dimensi tapi tetap saja pemain tidak bisa menyentuh buah catur layaknya catur sungguhan. Salah satu produsen catur digital yang terkenal adalah Excalibur. Dengan mesin pintar ini anak anda akan bisa bermain catur melawan peralatan digital (ada prosesornya seperti komputer) dengan buah sungguhan dan bisa langsung menyentuh buah catur seperti bermain catur sungguhan. Jadi buah+papan catur ini ibarat ROBOT karena saat bermain catur buah lawan dapat bergerak sendiri. Berbeda dengan DGT Smart-Board yang meskipun bisa juga untuk sparring dan mencatat langkah-langkah dari notasi catur tapi masih membutuhkan komputer dan langkah buah catur dari lawan masih harus digerakkan oleh manusia. Untuk melihat informasi lebih jelas dan gamblang tentang Excalibur ini silakan mengakses informasinya di alamat :
http://www.excaliburelectronics.net/Merchant2/merchant.mv?Screen=CTGY&Category_Code=ECHESS&Store_Code=EXC2
http://www.amazon.com/Excalibur-King-Arthur-Electronic-Chess/dp/B00012QCSQ
http://www.chesshouse.com/excalibur_electronic_chess_s/116.htm
dan lain-lainya.



Video tentang Excalibur Chess yang mana buah caturnya bisa bergerak sendiri bisa diakses di alamat :
http://www.youtube.com/watch?v=wt0EVgAmAgA
http://www.youtube.com/results?search_query=chess%2Bexcalibur&search_type=

Demikian, semoga posting ini berguna bagi kita semua. Yuk... memperbanyak sparring catur kita agar meningkat level caturnya...

GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.