CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Portable Brutal Chess, Software Catur Gratis Dengan Tampilan 3D, Ringan, Banyak Platform Dan Portable Lagi

Kayaknya memang tidak banyak ya software catur gratis yang berpenampilan 3 Dimensi. Apalagi yang filenya kecil, banyak memiliki versi untuk berbagai macam sistem operasi. Ada yang untuk Windows, bisa untuk Linux bahkan ada yang versi untuk OS X alias untuk komputer Apple Mac. Portable Brutal Chess, software ini 'ciamik' untuk dicoba. Dan hebatnya lagi program gratis ini ada yang versi PORTABLE, artinya untuk menjalankannya TIDAK PERLU DIINSTALL. Jadi cukup dicopy ke harddisk dan dimainkan, jalan deh. Saya senang dengan tampilan buah caturnya yang lumayan bagus. Di bawah saya tampilkan juga screenshootnya. Hanya untuk menjalankan program ini dengan mulus membutuhkan VGA Card dengan memory cukup.

Program catur Brutal Chess ini dikembangkan dan diinspirasi oleh program catur 3D yang lebih dulu ada yaitu tahun 1988 yang dibuat oleh software house Interplay Circa yang pernah populer yang bernama "Battle Chess". Hanya tentu saja, Brutal Chess jauh lebih baik dan lebih hebat fitur-fiturnya. Makanya banyak yang kesengsem sama program catur yang meskipun canggih tapi filenya tidak seberapa besar ini.

Meskipun fitur tampilan dari Brutal Chess ini sederhana dan tidak se-wah seperti Chessmaster, tapi tampilan 3Dnya OK juga ya. Hanya memang engine yang terpasang memang tidak terlalu kuat. Tapi lumayan lah untuk sparring kita-kita. Soale kalo lawan engine-engine yang terkenal-terkenal itu, kita tidak ada apa-apanya. Tapi jangan dibandingkan dengan Chessmaster atau Fritz ya. Kedua program ini kemasannya saja sudah 1 DVD (besarnya ribuan MB). Sedang Brutal Chess untuk yang versi Portable cuman 5 (lima) MB. Tentu ya bukan bandingannya. Karena portable, program molek ini bisa dibawa kemana-mana dengan flashdisk. Bisa dimainkan di sebarang tempat, asal ada kompienya.

Berikut saya cuplikan fitur-fitur dari Brutal Chess (sengaja masih bahasa 'planet') :

Here’s a quick rundown of all the new features of Brutal Chess :

- Completely new code base
- Menu system to replace console
- Select pawn promotion piece through new interface
- Variable AI difficulty
- New loading screen
- Shadows and other graphical tweaks
- Full rotation of the camera
- History arrows displaying previous move
- MD3 (Quake 3) model support

Next up is networking support for Internet chess servers and third party chess engines. As always, bug reports submitted to the Sourceforge tracker are always appreciated. When submitting them please include operating system, gfx card and drivers, and any other applicable information.

Programmer dari Brutal Chess terus memperbaiki program cantik ini. Nantinya program ini bisa dipakai untuk bermain online lewat server gratis macam FICS.

Brutal Chess adalah software catur 3D yang untuk memainkannya dengan mulus membutuhkan program driver grafis SDL and OpenGL. Kalo tanpa driver ini, kita tidak bisa maksimal memanfaatkan fitur-fitur animasinya. Bagi yang belum terinstall SDL dan OpenGL bisa mendownload software ini dari alamat :

SDL
http://swik.net/SDL

OpenGL
http://swik.net/OpenGL



Screenshoot dari program catur 3 Dimensi ini yang keren dengan resolusi lumayan tinggi contohnya bisa dilihat di alamat :
http://i27.tinypic.com/255m4as.png (buah warna coklat)
http://brutalchess.sf.net/wp-content/arrows.png (buah hitam putih)
http://brutalchess.sourceforge.net/wp-content/reflections-backagain.png (buah dengan bentuk boneka super hero)

Kalo ingin memanfaatkan dengan maksimal fitur-fitur dari Brutal Chess, sebaiknya mendownload yang versi BUKAN PORTABLE saja. Yang versi portable, terbatas fasilitasnya. Hanya yang versi bukan portable harus diinstall dulu. Dan tidak praktis dibawa kemana-mana.

Versi terbaru dari program catur keren ini kayaknya adalah Brutal Chess 0.6.

Situs Brutal Chess bisa diakses di alamat-alamat :
http://swik.net/Brutal-Chess
http://www.board4all.cz/showthread.php?t=105800
http://n3cr0p0l15h.blogspot.com/2008/03/portable-brutal-chess.html
http://sourceforge.net/projects/brutalchess/

Yang mau mendownload Brutal Chess versi portable bisa langsung saja KLIK DI SINI.
http://rapidshare.com/files/92352553/PBC.rar

Yang mau mendownload Brutal Chess yang asli (bukan portable) bisa KLIK DI SINI.
http://sourceforge.net/projects/brutalchess/

Saudara-saudara sekalian, yuk kita coba Brutal Chess ini, apa memang mainnya brutal atau nggak ya!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.