CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Analisa Partai #004 : GM Pavel Eljanov (Ukraina) Sebagai Hitam Mempecundangi Ratu Catur Dunia Nan Cantik GM Judith Polgar (Hungaria)

Posting hari ini kita akan membahas analisa partai antara GM Judith Polgar (sebagai putih) lawan GM Pavel Eljanov dengan memakai Pembelaan Ruy Lopez Berlin Defence yang kemarin lusa saya posting pada blog ini. Dalam partai di turnamen bergengsi Corus Wijk Aan Zee 2007 ini bisa kita lihat bahwa Berlin Defence dari opening Ruy Lopez ini ternyata juga bisa mencuri angka dari putih. Partai berlangsung seru, sungguh sayang kalo diabaikan begitu saja. Dokumennya berformat PDF, bisa didownload linknya di bawah...

Seperti kita ketahui bersama bahwa GM Judith Polgar adalah pecatur wanita terkuat di dunia saat ini. Yang hebat Judith ini sudah terbiasa bermain dalam turnamen dengan para peserta pria. Efeknya, Judith yang punya 2 saudara pecatur wanita (GMW Susan Polgar dan GMW Sofie Polgar) ini bisa meraup rating banyak di atas angka elit 2700 jauh di atas para pecatur grandmaster top wanita dunia lainnya (termasuk juara dunia wanita GM Zu Chen asal China).

Sedangkan GM Pavel Eljanov adalah pecatur top Ukraina (mungkin hanya di bawah GM Vasily Ivanchuk dan GM Sergey Karjakin). GM yang satu ini juga dikenal sangat tangguh dan sering ikut di turnamen-turnamen catur kelas dunia.

Seperti sifat dari opening ini, partai berlangsung relatif tenang dan posisional dengan beberapa 'letupan kecil' di sana sini. Di atas kertas, Judith harusnya bisa mengatasi pecatur Ukraina ini. Tapi ternyata dengan Berlin Defence Eljanov mampu mencuri 1 angka.

Yo wis, tidak usah berlama-lama, download aja partai yang banyak mengandung pelajaran ini dengan KLIK DI SINI (filenya berformat PDF, bisa dibaca dengan program Acrobat Reader, Foxit Reader, Portable Sumatra PDF Reader, dan pembaca file PDF lainnya).

Wah... Ruy Lopez Berlin Defence bisa dipakai nih kayaknya. Bener nggak?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.