CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Melody Amber 2008, GM Levon Aronian Dari Armenia Berjaya, Anand Terpuruk

Turnamen dengan format sangat unik, dimana sebagian catur cepat dan bagian lainnya catur buta, Melody Amber 2008 telah selesai. Turnamen level tinggi ini diadakan di kota Nice-Perancis pada tanggal 15 sd 27 Maret 2008. GM Levon Aronian dari Armenia sukses besar dengan menjuarai turnamen yang sangat bergengsi ini dengan total perolehan selisih nilai 2.5 angka lebih tinggi dari pesaingnya GM Vladimir Kramnik (Rusia), GM Peter Leko (Hungaria), GM Veselin Topalov (Bulgaria) dan GM Magnus Carlsen (Norwegia). Aronian sukses besar di catur cepat. Apa julukan 'Si Kilat' dipindahkan saja ya dari Anand ke Aronian. Pecatur yang biasanya sukses di Melody Amber, GM Viswanathan Anand kali ini apes dan terpuruk, bahkan di catur cepat yang menjadi andalannya sekalipun.

Berikut salah satu partai pada turnamen elit ini antara sang juara GM Levon Aronian ketika sebagai pemegang buah putih dengan Pembelaan Hindia Menteri mengalahkan GM Viswanathan Anand pada babak ke-8 turnamen ini dengan mata tertutup (blindfold) yang saya ambil dari situs resminya. Kali ini partai saya sajikan menggunakan javascript dan bisa langsung anda mainkan dari halaman web ini :



Berikut adalah performance yang dicapai oleh masing-masing peserta, saya urutkan sesuai peringkatnya :

GM Levon Aronian (2739) - Armenia. Mungkin ini merupakan kesuksesan terbesar dari Aronian selama beberapa tahun ini dalam karir caturnya. Bermain melawan pecatur-pecatur hebat sekelas Kramnik, Anand, Topalov, Carlsen, Leko, dan GM-GM elit lainnya, Aronian mampu menunjukkan kehebatannya. Dengan selisih 2.5 angka dari runner-upnya, jelas hasil ini luar biasa. Aronian berhasil menjuarai turnamen ini tidak hanya pada total perolehan angka, tetapi juga menjuarai kedua sesi (Catur Buta dan Catur Cepat). Bahkan di catur cepat, Aronian menang dengan selisih 2.5 angka dari runner-upnya Carlsen. Pecatur terkuat Armenia ini juga dikenal sebagai juara dunia Catur Random (chess960).

GM Vladimir Kramnik (2799) - Rusia. Setelah terpuruk di Linares beberapa waktu lalu, Kramnik kali ini membuktikan bahwa dia bukan pecatur kacangan. Meskipun tidak bisa juara, tapi dia telah berhasil menang dalam persaingan dengan pesaing terdekatnya
yang akan dilawannya tahun 2008 ini GM Viswanathan Anand (India). Kramnik berhasil menjadi juara bersama pada Catur Buta bersama Aronian dan Morozevich. Kramnik menang tie-break dari peserta yang memiliki nilai sama 12 yaitu Topalov, Leko dan Carlsen.

GM Peter Leko (2753) - Hungaria. Dengan perolehan angka total 12 bersama Kramnik, Topalov dan Carlsen dia patut bersyukur di turnamen dengan persaingan super ketat ini. Dia hanya kalah oleh Kramnik (di catur cepat) dan Topalov (di catur buta).
Pecatur Top Hungaria ini berada di peringkat 3 karena kalah nilai tie-break dari Kramnik.

GM Veselin Topalov (2780) - Bulgaria. Pecatur Bulgaria yang akan main lawan GM Gaka Kamsky (USA) tahun 2008 ini lumayan hasilnya di Melody Amber 2008. Meskipun tidak bisa juara tapi kinerja di turnamen ini tergolong baik. Topalov kalah oleh Aronian dan Kramnik (keduanya di catur cepat). Sedang di catur buta Topalov dihabisi oleh Morozevich.

GM Magnus Carlsen (2733) - Norwegia. Sejauh ini anak Norwegia ini masih hebat. Dalam beberapa kejuaraan elit terdahulu seperti Corus, Linares dan sekarang Melody Amber, dia selalu menorehkan hasil yang sangat spektakuler untuk anak seumuran dia. Carlsen di catur cepat sukses di peringkat 2. Kerja keras ayahnya untuk menempa Carlsen agar berhasil dalam dunia catur mulai membuahkan hasil. Terus maju nak... Gemparkan dunia catur dengan langkah-langkah brilyanmu.

GM Vasily Ivanchuk (2751) - Ukraina. Chukcy (julukan Ivanchuk) berusaha keras untuk mampu menembus rangking atas dari kejuaraan ini. Tapi apa daya hasilnya dia hanya berhasil mengumpulkan poin total 11 bersama dengan Anand dan Morozevich. Hanya hebatnya Pecatur No.1 Ukraina ini berhasil menaklukkan Carlsen 1.5-0.5 yang akhir-akhir ini prestasinya cemerlang.

GM Viswanathan Anand (2799) - India. Harapan para fansnya agar Anand juara dalam turnamen Melody Amber 2008 pupus sudah. Pecatur yang memiliki rating tertinggi per 1 Januari 2008 bersama Kramnik ini jelek sekali penampilannya pada turnamen bergengsi kali ini, bahkan pada sesi catur cepat yang selama ini menjadi andalannya. Vishy terkenal dengan julukan 'Si Kilat' karena kehebatannya di catur cepat. Tapi kali ini dia terpuruk. Mungkin Anand ini kelelahan ya. Tahun 2008 ini Vishy akan duel dengan Kramnik dalam Kejuaraan Dunia. Semoga hasil buruk ini tidak mempengaruhi mentalnya ketika bertarung dengan Kramnik nanti.

GM Alexander Morozevich (2765) - Rusia. Dengan mengumpulkan 11 angka total, sama dengan Ivanchuk dan Anand, Moro belum beruntung untuk Melody Amber tahun ini. Yang paling sial baginya ketika Moro dihancurkan oleh Aronian 0-2. Morozevich hanya kalah oleh Aronian, Kramnik dan Leko. Tapi dia sukses di catur buta dengan nangkring di rangking 1 bersama Aronian dan Kramnik.

GM Sergey Karjakin (2732) - Ukraina. Pecatur elit tapi masih muda ini telah berusaha maksimal untuk turnamen Melody Amber 2008 ini. Meskipun belum masuk rangking atas dari turnamen ini, tapi Karjakin telah membuktikan bahwa dirinya layak masuk
jajaran pecatur elit dunia. Karjakin meraih point total 9.5 sendirian.

GM Boris Gelfand (2737) - Israel. Grandmaster Israel ini sebenarnya terkanal sangat tangguh. Tapi di ajang elit kali ini, dia tidak mampu berbuat banyak. Hanya anehnya, Gelfand menang lawan sang juara GM Levon Aronian. Dan ini merupakan kemenangan
satu-satunya dari grandmaster senior ini.

GM Shakhriyar Mamedyarov (2760) - Azerbaijan. Azerbaijan yang merupakan pecahan dari Uni Soviet tentu memiliki banyak pecatur-pecatur yang sangat kuat. Dan saat ini yang ratingya paling tinggi adalah GM Shakhriyar Mamedyarov. Dalam Melody Amber 2008 ini permainannya kurang begitu cemerlang. Bahkan melawan remaja hebat GM Magnus carlsen (Norwegia), Mamedyarov dibantai 0-2.

GM Loek Van Welly (2681) - Belanda. Meskipun pecatur ini adalah no.1 di negaranya Belanda, saya pribadi kurang begitu suka dengan GM yang satu ini. Kalo saya yang jadi panitia, saya lebih suka mengundang GM Gata Kamsky yang telah menjuarai World Cup di Kanty-Mansysk Rusia 2007 atau GM Bu XiangZhi (yang menjadi juara 1 di Blibao Blindfold 2007 di atas GM-GM papan atas), atau GM Judith Polgar (Hungaria) pecatur wanita terkuat di dunia saat ini. Dia wajar menjadi juru kunci karena memang Van Welly ELO ratingnya paling rendah di antara para peserta lainnya.

Hasil Akhir Melody Amber 2008
Perancis, 15 s.d 27 Maret 2008

Amber Blindfold 2008

1. Aronian 6½
Kramnik 6½
Morozevich 6½
Topalov 6½
5. Anand 6
Carlsen 6
Leko 6
8. Karjakin 5
Van Wely 5
10. Ivanchuk 4½
Mamedyarov 4½
12. Gelfand 3

Amber Rapid 2008

1. Aronian 8
2. Ivanchuk 6½
3. Carlsen 6
Gelfand 6
Leko 6
6. Kramnik 5½
Topalov 5½
8. Anand 5
9. Karjakin 4½
Mamedyarov 4½
Morozevich 4½
12. Van Wely 4

Total (Blindfold+Rapid)

1. Aronian 14½
2. Kramnik 12
Leko 12
Topalov 12
Carlsen 12
6. Anand 11
Ivanchuk 11
Morozevich 11
9. Karjakin 9½
10. Gelfand 9
Mamedyarov 9
Van Wely 9

Situs resmi turnamen Melody Amber 2008 adalah :
http://www.amberchess2008.com

Foto-foto dan video dalam turnamen elit ini bisa diakses ke alamat :
http://www.amberchess2008.com/PICTURES2008.HTML

Informasi lain (ada videonya) bisa dibaca di situs Chessbase di alamat :
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4536

Bagi yang ingin mendownload partai-partai dari para GM yang bermain tanpa melihat dan cepat ini bisa langsung menyedot filenya dengan meng-KLIK di Babak 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 9 - 10 - 11.

Saya sengaja tidak menampilkan foto-foto dari turnamen ini, dengan pertimbangan agar halaman posting ini bisa lebih cepat diaksesnya.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.