CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Kirsan Ilyumzhinov, FIDE President Yang Juga Presiden Negara Otonom Kalmykia, Juga Hebat Main Caturnya

Orang yang satu ini tak dapat diragukan lagi merupakan orang terpenting dalam dunia catur. Kirsan Ilyumzhinov, Presiden FIDE (Organisasi Catur Dunia) memang merupakan presiden yang lebih keren dan hebat daripada para pendahulunya. Di tangan orang nomor 1 FIDE inilah, dunia catur dikendalikan bak bidak-bidak catur. Keputusan dan kebijakannya dinilai banyak insan catur mampu membuat terobosan untuk kemajuan dan kejayaan olahraga otak ini. Salah satu kebijakannya yang cerdas adalah ketika merubah sistem kejuaraan dunia dengan sistem Dwi Tarung menjadi Sistem-KO seperti yang dilakukan beberapa periode kejuaraan dunia yang lalu. Sistem KO ini terbukti lebih dapat banyak menarik sponsor daripada sistem dwi tarung yang sangat melelahkan (teman-teman masih ingat khan dengan dwi tarung Kejuaraan Dunia yang melelahkan antara Karpov-Kasparov yang sangat lama selesainya itu).

Kirsan Ilyumzhinov kecil dilahirkan di Rusia pada 5 April 1962. Sejak kecilnya Kirsan sudah menyukai permainan 64 petak ini. Dan bahkan pada usia 14 tahun pernah menjuarai Kejurnas Catur Kalmkya (sebuah daerah otonomi di Rusia, mungkin mirip propinsi NAD/Aceh di Indonesia) pada tahun 1976.

Kirsan ini juga seorang bisnisman yang sangat sukses di negaranya. Tahun 1990-1993 pernah menjadi Presiden SAN Corporation di Moscow, Rusia. Bahkan di saat kehancuran ekonomi Rusia, Kirsan tetap sukses di bisnisnya. Saat ini, sang Presiden FIDE ini mempunyai mobil mewah dan jet pribadi yang selalu menemaninya.

Tidak hanya di bidang bisnis Ilyumzhinov ini sukses. Di bidang politik pun dia hebat. Terbukti pada tahun 1993, dia terpilih menjadi presiden Republik Kalmkya (sebuah daerah otonomi di Rusia) sampai saat ini.

Sejak bulan Nopember 1995, Kirsan Ilyumzhinov dipercaya menjadi presiden FIDE (organisasi Catur Dunia) hingga saat ini. Sudah banyak yang dihasilkan untuk dunia catur dari pria hebat ini. Di antaranya sukses menggelar berbagai kejuaraan catur kelas dunia. Saat ini proyek besarnya adalah menggelar turnamen catur Grandprix yang dimulai tahun ini dan akan selesai hingga beberapa tahun mendatang. Cita-citanya sampai saat ini belum kesampaian adalah menyatukan berbagai elemen organisasi dunia catur yang sebelumnya tercerai-berai. Dan itu akan dimulai dari Dwi Tarung antara Topalov-Kamsky dan Anand-Kramnik tahun 2008. Semoga akan lahir juara dunia catur sejati di masa mendatang.

Berikut adalah Daftar Presiden FIDE :
* 1924–1949 (25 years) Alexander Rueb
* 1949–1970 (21 years) Folke Rogard
* 1970–1978 (8 years) Max Euwe
* 1978–1982 (4 years) Friðrik Ólafsson
* 1982–1995 (13 years) Florencio Campomanes
* 1995–present (12 years) Kirsan Ilyumzhinov (as of 2007)

Lebih jauh tentang Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov bisa dibaca di alamat :
http://en.wikipedia.org/wiki/Kirsan_Ilyumzhinov

Interview dengan Kirsan Ilyumzhinov akses situs-situs berikut :
http://www.fide.com/news.asp?id=1091
http://www.fide.com/news.asp?id=465
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=2649
http://www.russiatoday.ru/guests/detail/273

Sedang tentang Organisai Catur Dunia FIDE bisa diakses di :
http://en.wikipedia.org/wiki/FIDE

Pengen ya ngobrol dengan orang hebat seperti Bapak Kirsan Ilyumzhinov.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.