CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

FritzMark, Fitur Dari Program Keluarga Chessbase (Fritz, Shredder, Hiarcs, Junior, ZapChess,dll.) Yang Bisa Mengukur Kinerja Program Catur

Mungkin pernah terbersit dalam benak kita pertanyaan seperti apakah program catur yang saya install di komputer saya sudah optimal?, program fritz yang saya pasang di komputer dektop dan di laptop kuat mana? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang senada. Sebenarnya pada program Fritz, sudah ada fitur untuk untuk mengukur kinerja prrogram catur semacam ini. Fitur ini adalah FritzMark (kalo program catur lainnya yang keluarga chessbase, untuk Shredder ShredderMark, untuk Junior JuniorMark dan seterusnya). Dalam posting hari ini kita akan membahasnya...

Kinerja program catur (Chessbase), sangat ditentukan oleh berbagai macam faktor yang meliputi hardware seperti :

*Teknologi Prosesor
*Kecepatan Prosesor
*Memory (RAM)
*Motherboard
*Kecepatan Harddisk
*Faktor Lain


Prinsipnya semakin cepat/tinggi spesifikasi suatu mesin komputer dan semakin baru teknologi yang digunakan, hasil test FritzMark juga semakin tinggi/baik.

Dan yang meliputi software semacam:

*Sistem Operasi
*Performance Registry
*Kesehatan Registry (misal bebas virus apa tidak)
*Faktor Lain

Karena banyak faktor yang mempengaruhi kinerja komputer, maka 2 komputer dengan prosesor sama, memory juga sama tapi ternyata kinerja Fritz berbeda. Setelah ditelusuri, komputer yang Fritznya berkinerja jelek telah terinfeksi virus.

Nah di sinilah peran dari fitur FritzMark ini. Setelah melakukan pengukuran kinerja terhadap program Fritz yang terinstall, kita jadi mengetahui apakah Fritz yang ada di PC/notebook kita telah mencapai nilai Fritzmark yang standar, lebih baik atau malah lebih buruk. Dan kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan dari hasil test ini.

Utamanya kalo hasil Fritzmark menunjukkan skor kurang dari standar, maka kita disarankan melakukan TUNE-UP terhadap komputer kita. Tuneup bisa dilakukan dengan program khusus TUNE-UP atau yang lebih baik tentu memanggil ahlinya yautu TEKNISI KOMPUTER. Setelah di-tuneup dilakukan Fritzmark lagi, dan diharapkan bisa mencapai nilai baik (sama dengan standar atau lebih). Atau bahkan tuneupnya kalo perlu melakukan penggantian/penambahan komponen yang dirasa kurang (misal upgrade prosesor, tambah memory, upgrade motherboard, upgrade harddisk, dan lain-lain.). Tentu harus siap merogoh kocek lumayan.

Berikut prosedur melakukan pengukuran kinerja program Fritz (dan keluarga Chessbase lainnya) dengan memanfaatkan fitur Frirzmark:

1.Buka Program Fritz (atau keluarga Chessbase yang lain yang terinstall di komputer anda);
2.Langsung saja jalankan FritzMark dari menu Engine-FritzMark;
3.Klik Start untuk mulai melakukan pengetesan kinerja program catur anda;
4.Tunggu sampai proses selesai.
5.Catat hasilnya dan bandingkan dengan nilai standar.



Jika hasil sesuai standar atau lebih baik berarti program Fritz anda telah bekerja secara optimal (maksudnya komputer anda tidak ada masalah hardware atau software). Tapi jika hasilnya di bawah standar, anda harus mulai curiga dan siap-siap melakukan TUNE-UP untuk memperbaiki kinerja komputer anda. Prinsip, kalo kinerja komputer anda baik, hasil test FritzMark seharusnya akan bagus juga.

Lain waktu akan saya tambahkan standar nilai hasil Fritzmark dan nantinya bisa anda dipakai sebagai acuan untuk dibandingkan dengan hasil test di komputer teman-teman semua. Referensi lama tentang fitur FritzMark dari situs Chessbase bisa dibaca di alamat :
http://www.chessbase.com/Support/support.asp?pid=150

Gimana teman-teman, apa Fritz punya kalian sudah optimal kinerjanya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.