CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Bagaimana Memecahkan Problem Mat Dengan Bantuan Komputer

Memecahkan problem mat merupakan salah satu aktifitas catur yang banyak disukai para pecatur dari level pemula sampai para master. Bahkan ketika para penjaja problem di pinggir jalan atau di alun-alun atau saat ada keramaian, banyak diminati oleh orang-orang yang lalu lalang di depannya. Hari ini saya akan bercerita bagaimana memecahkan problem mat, tidak secara manual tapi menggunakan alat bantu program komputer (kali ini kita akan pakai program Fritz dan saudara-saudaranya dari keluarga Chessbase). Sebaiknya kita menggunakan komputer untuk menyelesaikan problem mat hanya untuk mengecek jawaban saja atau bisa juga untuk mengecek apakah suatu problem merupakan 'problem ninja' atau bukan. Problem ninja adalah problem yang tidak ada ujung pangkalnya alias tidak ada jawabannya alias 'problem menipu'.

Engine yang dipakai untuk melakukan tugas ini adalah engine Mate. Setiap program keluarga Chessbase (seperti Fritz, Shredder, Hiarcs, Junior, ZapChess, dll.) dalam paketannya pasti disertai engine Mate ini. Hanya versinya saja yang berubah dari waktu ke waktu. Yang lebih baru tentu memiliki kelebihan daripada yang versi lebih lama. Engine Mate ini adalah engine catur khusus untuk memecahkan problem mat. Jadi tidak bisa dipakai untuk bermain/sparring aplagi menganalisa.

Lagsung saha ya.... cara memecahkan problem mat dengan program Fritz sangatlah mudah teman-teman. Ikuti saja petunjuk di bawah ini :

1.Buka problem matnya, bisa berupa file digital (seperti yang terdapat di blog ini) yang berformat PDF atau dari koran, majalah, dan lain-lain.

2.Buka Program Fritz sampai programnya siap.

3.Jalankan menu File-New-Setup Position. Akan muncul dialog untuk menyusun buah-buah catur.

4.Susun buah-buah catur sesuai dengan posisi di problem sumber. Pertama lakukan pembersihan buah-buah catur dengan meng-klik tombol CLEAR. Kemudian lakukan penyusunan posisi buah-buah catur. Pastikan yang melangkah pertama adalah pihak yang akan me-matkan (standarnya putih yang jalan dulu). KLIK OK.

5.Lakukan pemecahan problem dengan menjalankan menu - Tools - Analysis - Mate Search.

6.Akan muncul dialog untuk memilih opsi mate search seperti pemilihan engine (jika engine Mate-nya banyak versi), Jenis problemnya, paramaternya, dan lain-lain. KLIK OK.



7.Engine akan bekerja menemukan penyelesaiannya. Semua langkah-langkahnya akan ditampilkan pada bagian NOTASI. Jika hitam memiliki banyak alternatif jawaban, semua juga akan ditampilkan.

8.Selesai.

Mudah bukan?

Bagi teman-teman yang pandai, kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya!

Yang tidak punya problem catur, bisa download problem mat dari situs blog ini pada posting terdahulu, silakan akses di alamat :
http://komputercatur.blogspot.com/2008/01/belajar-catur-dengan-komputer-yang_25.html
Informasi lain tentang topik ini dari situs Chessbase bisa dibaca di alamat :
http://www.chessbase.com/workshop2.asp?id=1833

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.