CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Strelka, Engine Catur Baru Buatan Programmer Rusia Yang Kontroversial Dan Menggebrak Dunia Engine Catur

Mungkin ada beberapa dari teman-teman catur yang belum mendengar engine catur ini, STRELKA (sepintas ucapannya seperti setrika). Engine buatan programmer Rusia yang bernama Yuri Osipov ini sekarang masuk ke jajaran engine catur elit dunia. Menurut gosip-gosip di forum-forum catur, Strelka ini dituduh menjiplak engine juara Rybka. Tentu saja programmernya mencak-mencak dan menolak mentah-mentah. Menurut berita gaya permainan Strelka ini sangat mirip dengan Rybka. Penasaran khan?

Strelka awalnya dikeluarkan dalam versi yang menggunakan interface Winboard. Tapi belakangan programmernya membuatnya juga untuk versi UCI sehingga bisa dimainkan di banyak program GUI macam Fritz dan keluarganya. Programmernya Yuri Osipov, mengaku telah belajar merintis menulis kode program Strelka sejak tahun 1993 (sudah lama juga ya). Tapi belum/tidak dipublikasikan (baca ikut turnamen) hingga keluarnya saat ini. Versi terbaru saat ini (yang stabil) adalah versi 1.8. Hanya Osipov juga sedang mengembangkan yang versi 2.0 (beta).

Yang menghebohkan kalangan programmer catur, Strelka pertama kali ikut turnamen engine catur dan mendapat rating langsung 2750. Sangat kuat sekali tentunya. Beberapa kalangan menuduh Strelka adalah tiruan/clone/jiplakan Rybka. Tuduhan ini didasarkan pada output langkah yang dihasilkan Strelka sangat-sangat mirip dengan Rybka. Bahkan beberapa ahli programmer telah meneliti source codenya, tapi mereka tidak punya cukup bukti kuat tentang dakwaan ini.

Perbedaan mencolok antara Strelka dan Rybka hanya : Strelka gratis dan open source (source code programnya disertakan, sehingga semua orang bisa melihatnya) sedang Rybka adalah program komersial (memang ada sih yang gratis, tapi itu yang versi lama, Rybka 1.0) dan source codenya tertutup. Kalo si Yuri Osipov bisa ngintip (baca menbongkar) program Rybka, wah hebat juga dia.

Pendapat pakar komputer catur, sekaligus programmer pembuat engine catur kebanggaan kita Petir, yaitu Mas Peter Alosyus tentang kontroversi engine STRELKA (yang dianggap tiruan Rybka) bisa dibaca di blognya di alamat :
http://thepetir.blogspot.com/2007/07/misteri-strelka.html

Interview dengan programmer Strelka, Yuri Osipov pada 12 Mei 2007 bisa dibaca di alamat :
http://64.233.179.104/translate_c?hl=en&langpair=ru%7Cen&u=http://www.sdchess.ru/osipov_int1.htm

Situs resmi engine Strelka bisa diakses di alamat :
http://www.google.com/translate?u=http%3A%2F%2Fwww.sdchess.ru%2FStrelka.htm&langpair=ru|en&hl=en&ie=UTF8

Download engine keren bin paten :
-Strelka 1.8 (versi stabil) versi UCI (bisa dimainkan di Fritz dan konco-konconya) Klik Di Sini.

-Strelka 2.0 (versi beta) versi UCI, Klik Di Sini.

Source program Strelka (bagi programmer yang mau mengembangkan engine ini) Klik Di Sini.

Teman-teman, siapa yang sudah mencoba engine Strika... eh salah Strelka?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.