CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

The Oldest Chess Games, Partai Tertua Berdasarkan Transkript Arab Kuno Yang Dimainkan Pada Abad Ke-10 Masehi

Setelah menelusuri situs-situs di internet akhirnya saya menemukan partai catur terkuno yang jauh lebih kuno daripada partai catur yang terecord dalam database pribadi saya. Partai catur terkuno dalam database yang saya maksud adalah partai antara kedua bangsawan Spanyol Francisco de Castellvi - Narciso Vinoles di kota Barcelona Spanyol pada sekitar tahun 1485 Masehi. Coba akses posting terdahulu soal partai terkuno ini dengan KLIK DI SINI. Ternyata dalam transkript Arab sangat kuno yang ditemukan ahli sejarah menunjukkan ada partai catur yang tercatat dimainkan pada abad 10 Masehi (sekitar tahun 970 M) yaitu antara pecatur termasyhur jaman itu Abu-Bakr Muhammad Bin Yahya as-Suli melawan Abu'l- Faraj Bin al-Muzaffar bin Sa'-id al-Lajlaj.

Hanya saja memang saat itu peraturan permainan catur (aturan melangkahkan buah catur berbeda dengan catur yang anda mainkan saat ini). Saat itu buah catur Gajah dapat melompat, namun hanya dapat jalan 2 langkah ke arah diagonal. Rokade (LUKIR) tidak dikenal di jaman itu.

Berikut situs aslinya tentang peraturan catur kuno tersebut :

http://history.chess.free.fr/shatranj.htm

Dan dibawah ini adalah situs yang memuat partai Arab yang sangat kuno tersebut (untuk memainkan partai ini, pada BROWSER ANDA HARUS sudah terinstall JAVA-PLUGINS).

http://www.chess-poster.com/english/notes_and_facts/oldest_chess_game.htm

Ada yang lebih kuno lagi daripada partai ini nggak ya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.