CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Mengapa Kita Melakukan Blunder Dalam Permainan Catur?

Kesalahan / blunder selalu saja mewarnai dalam permainan catur. Semakin jarang blunder tentu kita semakin sulit dikalahkan. Banyak pecatur yang mengeluh karena seringnya mengalami blunder (termasuk saya sendiri ya... he he he). Mengapa kita blunder dalam permainan catur?... Dalam posting hari ini saya mencoba mencari informasi di internet dan saya sharingkan untuk anda semua. Silakan mencari jawabannya dalam posting kali ini...

Menurut para ahli catur, penyebab blunder (kesalahan langkah) dalam catur dibagi menjadi beberapa macam:


1. SALAH KALKULASI.
Kesalahan semacam ini sering dilakukan oleh para pemula. Mengapa salah kalkulasi? Mungkin karena Blunder gratis perwira pasti sering kita lihat pada permainan para pecatur pemula. Penyebab lainnya mungkin karena belum memiliki KETELITIAN PAPAN (BOARD VISION) yang baik.TIDAK MEMILIKI TEKNIK/SKILL KALKULASI yang memadai. Atau juga karena jam terbangnya sedikit sehingga hapalan tema/pola TAKTIK masih sangat sedikit. SOLUSInya, TINGKATKAN KETELITIAN PAPAN (Board Vision), TINGKATKAN TEKNIK KALKULASI, PERBANYAK HAPALAN TEMA-TEMA/POLA-POLA/KEPINGAN POSISI TAKTIK.

2. SALAH MENILAI POSISI.
Kesalahan jenis ini sering melanda semua pecatur dari pemula bahkan sampai tingkat Grandmaster. Bisa juga disebabkan terlalu asyik menyerang/ambisi membunuh raja lawan. Yang jelas bisa disebabkan oleh KURANGNYA PEMAHAMAN TEORI POSISIONAL, Hapalan tema/pola posisional. Penyebab lainnya adalah TIDAK/KURANGnya memiliki PEDOMAN CATUR, sehingga setiap langkah selalu dihitung/dikalkulasi (Padahal Tidak setiap posisi harus dikalkulasi!). SOLUSInya, PERBANYAK HAPALAN PEDOMAN CATUR dan PENERAPANNYA, PERBANYAK HAPALAN TEMA/POLA POSISIONAL.

3. BERPIKIR TERLALU CEPAT.
Menurut instruktur catur terkenal yang saya kagumi Dan Heisman, blunder jenis ini PALING BANYAK TERJADI dalam dunia catur. Kebiasaan BERPIKIR TIDAK TUNTAS juga merupakan penyebab utama kesalahan blunder jenis ini. Terlalu banyak bermain CATUR KILAT (Lightning Chess) juga bisa membuat kita tidak sabaran untuk MENCARI LANGKAH dan mengeksplorasi langkah-langkah catur. SOLUSInya BIASAKAN BERPIKIR TUNTAS dalam KALKULASI, BIASAKAN untuk mengeksplorasi langkah-langkah catur, menurut Dan Heisman perlu banyak bermain SLOW CHESS (baca Catur Klasik). Sebelum melangkah LAKUKAN PENGECEKAN beberapa detik apakah langkah yang dibuat ada BLUNDER DASAR (menurut GM Alexander Kotov, pengarang buku best seller "THINK LIKE A GRANDMASTER" disebut dengan TEORI BLUMENFELD).

4. BERPIKIR TERLALU LAMA.
Berpikir terlalu lama yang tidak sewajarnya tentu akan menghabiskan waktu kita dan akan membuat KRISIS WAKTU. Posisi yang sudah jelas dan gamblang tapi masih dipikir terus. Apalagi kalo dalam turnamen catur cepat/kilat. Nah... pada saat krisis waktu inilah kita cenderung/seringkali melakukan blunder (karena tidak cukup waktu untuk mengkalkulasi langkah). SOLUSInya, TINGKATKAN KECEPATAN BERPIKIR, PERBANYAK BERMAIN CATUR KILAT agar tidak gugup/grogi saat krisis waktu. Jadi usahakan langkah kita tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lama.

5. TIDAK KONSENTRASI.
Blunder ini biasanya disebabkan karena fisik yang tidak prima. Misalnya karena LAPAR, KURANG TIDUR, KELELAHAN, atau bahkan SEDANG SAKIT. Bisa juga tidak konsentrasi karena lagi sedang 'TIDAK MOOD', misalnya karena bertengkar dengan istri, sedang punya masalah keuangan (lha... ini yang banyak terjadi), atau bahkan baru bertemu dengan dengan wanita cantik (... he he he .. bercanda). SOLUSInya, sebelum ikut turnamen SIAPKAN BENAR-BENAR FISIK DAN MENTAL ANDA. Makanya catur ini disebut dengan olahraga (memang benar catur tidak bisa membuat sehat fisik, TAPI JANGAN HARAP KALO FISIK/STAMINA TIDAK SEHAT akan bisa juara ya). Menurut GM Garry Kasparov, "Ches is mental torture" (CATUR ADALAH PERANG MENTAL), jadi persiapkan mental anda baik-baik sebelum ikut dan selama turnamen.

6. MINDER TERHADAP LAWAN.
Ini juga sering terjadi pada kita semua. Melihat lawannya master/grandmaster, hati sudah keder. Bawah sadar kita mengatakan "KAMU AKAN DITELAN/DIMIK OLEH MASTER ...". Duduk jadi tidak enak/nyaman seolah kursinya ada durinya, seolah semua langkah kita serba salah. Semua pecatur pasti pernah mengalami perasaan semacam ini, terutama dulu saat masih pemula. SECARA ILMU CATUR tentu kita kalah oleh master-master itu. Lha kalo kita tambahi dengan kegugupan kita (sehingga tidak konsen), tentu kita semakin mudah dikalahkan. PENYAKIT INI MEMANG AGAK SULIT DIOBATI. Mungkin SOLUSInya, PUSATKAN PIKIRAN PADA KONSENTRASI DAN AKURASI LANGKAH TIDAK PADA SIAPA LAWAN KITA. Menurut ahli catur, Don't play the man, play the board (JANGAN PUSATKAN PERHATIAN SIAPA LAWAN KITA, TAPI PUSATKAN PIKIRAN PADA APA YANG DILANGKAH OLEH DIA/LAWAN DAN LANGKAH APA YANG KITA BUAT !!!).

7. MEREMEHKAN LAWAN (DAN LANGKAHNYA).
Blunder ini sering terjadi pada pecatur yang lebih kuat melawan yang lebih lemah (level di bawahnya). Juga sering terjadi pada pecatur YANG SUDAH POSISI UNGGUL (atau MERASA UNGGUL padahal posisi imbang/tidak unggul/komplikasi). Menurut saya pribadi MERASA UNGGUL itu PENYAKIT. SOLUSInya, KALO SUDAH UNGGUL harus hati-hati dan WASPADA serta LIPAT GANDAKAN KONSENTRASI. JANGAN BIASAKAN MEREMEHKAN LAWAN. Dalam catur juga berlaku keberuntungan. KALO MISALNYA meskipun lawan kurang bagus mainnya, KALO LANGKAHNYA NGAWUR TAPI TEPAK (TEPAT) atau NEKAT TAPI PAS, bisa-bisa akan menyulitkan kita.

8. KURANGNYA TEORI CATUR.
Nah blunder ini terjadi biasanya di OPENING (PEMBUKAAN). Pecatur menempuh jalur-jalur yang kelihatannya adem ayem, tapi MENURUT TEORI adalah BLUNDER. HAPALAN/PEMAHANAN TEORI OPENING YANG KURANG menjadi penyebabnya. Juga terjadi misalnya pada ENDING, karena tidak hapal pola-polanya, kemudian menempuh langkah yang salah SECARA TEORI. SOLUSInya ya tentu MEMPERBANYAK HAPALAN/PEMAHAMAN TEORI OPENING/ENDING/TAKTIK, dll.

Ada yang kurang nggak sih? Barangkali para master catur mau menambahkan yang lain?

Berikut situs-situs di internet yang membahas tentang blunder dalam catur :
http://en.wikipedia.org/wiki/Blunder_(chess)
http://susanpolgar.blogspot.com/2006/11/blunder-of-century-biggest-blunder.html
http://chessconfessions.blogspot.com/2006/11/kramnik-blunder.html
http://blunderprone.blogspot.com/
http://paulnich.blogspot.com/2006/11/chess-blunder.html
dan lain-lain.

Buku-buku catur yang membahas tentang blunder di toko buku online Amazon :
Danger in Chess: How to Avoid Making Blunders by Amatzia Avni
Blunders and How to Avoid Them: Eliminate Mistakes from Your Play by Angus Dunnington

Buku-buku catur (bahasa Indonesia) yang membahas blunder :
-Mengapa Anda Kalah dalam Permainan Catur I Oei Khee San Oei Khee San
-Mengapa Anda Kalah dalam Permainan Catur II Oei Khee San Oei Khee San
Tapi saya tidak tahu apa 2 buku ini masih dijual di pasaran apa nggak? Kayaknya saya sudah lama tidak melihat buku-buku ini di toko-toko buku. Mungkin di pasar buku loakan ada ya.

Yuk kawan-kawan... kita kurangi blunder, biar kita tidak mudah dikalahkan oleh lawan-lawan kita!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.