CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Permainan Catur Dalam Sejarah Islam

Selamat Tahun Baru Islam - 1 Muharram 1429 H (yang bertepatan dengan hari ini Kamis, 10 Januari 2008) bagi teman-teman catur yang beragama Islam. Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam ini, dalam posting saya hari ini akan sharing tentang permainan catur dalam sejarah Islam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa permainan catur yang kita cintai ini telah diciptakan orang 14 abad yang lalu yang kebetulan hampir bersamaan dengan berdirinya Agama Islam.

Berdasarkan catatan sejarah ternyata cukup banyak tokoh Islam yang menyukai permainan catur. Dan yang mungkin menganggap bahwa catur ini adalah permainan yang mirip dengan strategi perang. Tercatat panglima perang Islam jaman Nabi Muhammad yaitu Khalid Bin Walid konon adalah juga seorang ahli bermain catur. Khalid dikenal sebagai ahli strategi perang yang sangat handal. Apa ini ada hubungannya dengan kepandaiannya bermain catur?

Bahkan ada seorang sahabat nabi yang bernama Said Bin Jubair yang bisa bermain blindfold (catur buta, tanpa melihat papan catur). Khalifah terkenal Harun Al Rasyid (jaman Abu Nawas) juga sangat menggemari permainan 8x8 petak itu. Pecatur terkuat jama Islam kuno adalah Abu-Bakr Muhammad Bin Yahya as-Suli yang hidup sekitar tahun 880 - 946 M. Informasi lebih lengkap tentang As-Suli bisa dibaca di alamat :
http://en.wikipedia.org/wiki/Abu-Bakr_Muhammad_ben_Yahya_as-Suli

Timeline Catur dalam perkembangan dunia Islam kuno :
http://www.geocities.com/siliconvalley/lab/7378/shatranj.htm
http://www.geocities.com/SiliconValley/Lab/7378/oldtexts.htm

Untuk jaman modern saat ini, selalu diadakan turnamen catur tingkat internasional tahunan di kawasan Arab yaitu Dubai Open yang selalu diikuti oleh para grandmaster top dunia. Dubai Open rencana untuk tahun ini akan digelar tanggal 30 April-4 Mei 2008 di Dubai, Uni Emirat Arab.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.