CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Download Partai GM Bobby Fischer, Pecatur Legendaris Yang Mempunyai Banyak Pengagum Yang Sangat Fanatik

Di antara para juara dunia catur, GM Bobby Fischer dianggap paling jenius dan terhebat. Fischer juga mempunyai banyak pengagum yang sangat fanatik. Kontribusi Fischer pada dunia catur juga sangat banyak diantaranya menciptakan 'Fischer Chess Clock' (pemakaian jam catur dengan increment), sehingga memungkinkan memperkecil resiko krisis waktu. Sumbangan Fischer yang lain adalah permainan catur Random atau chess960 (posisi perwira catur dibolak-balik) yang bisa dipakai melatih kalkulasi sejak awal permainan (karena teori opening diabaikan). Dalam posting hari ini, teman-teman bisa menikmati permainan sang legendaris dari Amerika Serikat ini.

Dalam poling di blog ini (pada sidebar sebelah kanan blog ini) bisa kita lihat bahwa nilai Fischer jauh mengungguli GM-GM top lainnya seperti Kasparov, Kramnik, Anand, Topalov dan lain-lain. Memang Fischer hebat.

Fischer dikenal sebagai pecatur yang bergaya menyerang. Pecatur dengan nama lain Robert James Fischer ini, karismanya sangat kuat sampai saat ini dan kehebatannya sulit ditandingi oleh pecatur manapun sepanjang sejarah catur. Mungkin hanya GM Garry Kasparov sajalah yang oleh beberapa kalangan dianggap sepadan.

Dalam jangka waktu lama dari negara adidaya belum pernah muncul pecatur hebat sekaliber Fischer, sampai pecatur kelahiran Rusia yang hijrah ke USA GM Gata Kamsky hadir dan mengibarkan bendera USA ke dunia catur dengan menjuarai World Cup 2007 di Kanty-Mansysk, Rusia beberapa bulan lalu. Hanya tentu karisma dan prestasi Kamsky masih jauh dari Fischer.

Pada jaman itu, dimana teknologi komputer belum begitu berperan dalam dunia catur, Fischer mampu mendominasi lawan-lawannya yang kebanyakan dari Rusia. Dengan 'dikeroyok' segitu banyak Grandmaster, Fischer mampu membabat lawan-lawannya dalam dwi tarung. GM-GM top masa itu seperti Mark Taimanov, Bent Larsen, Boris Spassky ditundukkan satu demi satu dengan skor telak.

Sayangnya pecatur yang bersenjata andalan Sisilia Najdorf dan Hindia Raja jika pegang hitam ini tidak sempat bertemu dengan GM Anatoly Karpov (Rusia) yang akhirnya Karpov menjadi juara dunia kala itu.

Berita terkini tentang Fischer (saat ini berwajah brewok), sang maestro catur ini sekarang sedang menderita sakit di kota Reykjavik, Islandia (saat ini Fischer telah hijrah dan pindah kewarganegaraan ke negara Islandia).

Biografi lengkap GM Bobby Fischer bisa diakses di alamat :
http://en.wikipedia.org/wiki/Bobby_fischer

Foto Galeri Sang Legendaris di situs Flickr :
http://www.flickr.com/search/?q=%22bobby+fischer%22

Video tentang Fischer di Yuotube :
http://www.youtube.com/results?search_query=%22bobby+fischer%22&search=Search

Bagi yang tidak sabar, bisa langsung download partai lengkap Fischer Klik Di Sini (PGN format yang dikompresi menjadi ZIP file).

Selamat menikmati kehebatan permainan sang jenius catur GM Bobby Fischer.

Eh... teman-teman, apa ada yang tahu tentang gosip Fischer pernah datang ke Indonesia (Bali). Bahkan konon ada pecatur dari Jember (Jatim) yang mengaku pernah tahu tentang cerita ini karena pernah bertemu dengan Fischer pada masa jayanya.

Mencermati kehidupan GM Booby Fischer ini memang sangat menarik sekali ya teman-teman.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.