CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Download : Peraturan Catur FIDE Terbaru

Sebagai 'insan catur' (pemain, wasit, pelatih, pengurus) tentu harus paham dengan peraturan catur. Peraturan catur nasional dibuat oleh PERCASI. Peraturan Percasi mengacu kepada peraturan catur tingkat dunia yang dibuat oleh FIDE (organisasi catur dunia) yang disesuaikan dengan kebutuhan/kepentingan catur di Indonesia.

Dari waktu ke waktu, peraturan catur berubah dan berkembang agar bisa mengakomodasi semua kepentingan/kebutuhan insan catur. Mulai sistem pertandingan, penggunaan waktu, penentuan draw, hingga yang non-teknis (misalnya pelarangan pecatur membawa ponsel yang hidup saat bertanding, kalo HP bunyi dinyatakan kalah, dan sebagainya).

Dulu kejuaraan dunia menggunakan format dwi tarung (masih lekat dalam ingatan kita saat Kasparov dan Karpov dwi tarung dalam kejuaraan dunia yang menyita waktu sekian lama yang sangat melelahkan). Kini kejuaraan dunia menggunakan Sistem Gugur (Sistem KO) seperti yang diikuti oleh pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto yang saat ini sedang bertanding di Kanty-Mansysk Rusia (Babak-I Susanto memegang buah hitam lawan pecatur tangguh Bulgaria GM Kiril Georgiev tanggal 24 Nopember 2007 pukul 15.00 waktu setempat atau sekitar pukul 17.00 WIB, siaran langsung turnamen ini bisa dilihat di situs resmi FIDE di alamat : http://cup2007.fide.com/round.asp) sehingga turnamen menjadi lebih mendebarkan dan lebih menarik/disukai oleh sponsor.

Akhir-akhir ini saya lihat di turnamen internasional di luar negeri melakukan scanning fisik kepada setiap pecatur yang masuk ruangan pertandingan dari benda-benda digital semacam ponsel/smartphone/ pda/bluetooth dll. yang memungkinkan pecatur berbuat curang (seperti yang dituduhkan kepada GM Vladimir Kramnik saat dwi tarung melawan GM Veselin Topalov beberapa waktu yang lalu). Mungkin suatu saat nanti Percasi bisa mengikuti sistem ini dalam kejuaraan tingkat nasional di Ibdonesia.

Karena pentingnya peraturan catur ini (utamanya bagi mereka yang sering ikut turnamen) maka sebaiknya kita selalu mencari informasi yang up to date tentang peraturan catur nasional dan internasional/FIDE ini.

Untuk peraturan FIDE (internasional), kita bisa langsung mendownloadnya di situs FIDE (FIDE Handbook). Filenya berformat PDF (bisa dibaca dengan program pembaca PDF seperti Acrobat Reader atau Foxit Reader). Silakan download Filenya di sini.

Teman-teman punya peraturan catur terbaru PERCASI (tentu berbahasa Indonesia) yang berupa dokumen digital (format PDF atau format DOC/Word ataun format lain)?

Kita sangat berterima kasih sekali jika ada yang mau sharing dokumen tersebut di blog ini untuk kepentingan dan kemajuan catur kita bersama.

Silakan kirim dokumen tersebut via emai ke saya untuk kemudian saya pasang di blog ini, agar semua insan catur di tanah air bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.