CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Bagaimana Sikap Terbaik - Menghadapi Kekalahan Dalam Catur?

Banyak dari pecatur, khususnya pemula dan yunior yang stress dan down setelah kalah catur dalam pertandingan. Semengat mereka melayang dan permainan berikutnya menjadi kacau balau tidak menentu. Konsentrasi menjadi buyar hilang entah kemana. Mereka ini yang belum mengerti maunya menang terus, MENJADI HEBAT seperti dalam dongeng-dongeng dalam buku cerita tentang pahlawan atau pendekar yang tidak pernah kalah. MEMANGNYA MAIN SENDIRI? Kalah menang dalam permainan itu biasa, termasuk catur. Atau bisa juga dibalik, CATUR HANYALAH SEKEDAR PERMAINAN BELAKA. Namanya permainan tentu ada yang kalah atau menang atau draw. Kalah-Menang dalam catur meski biasa tapi ya tentu penting juga. Bukankah dalam pertandingan kita berharap menjadi juara. Dan bagaimana menjadi juara kalo kita kalah terus. Meski penting kalah-menang dalam catur BUKAN YANG TERPENTING. Lho kok gitu? Secara jangka panjang karir catur, KALAH-MENANG bukan yang terpenting (meskipun penting untuk jangka pendek). Yang terpenting adalah LEVEL CATUR KITA HARUS BISA MAJU TERUS. Kemampuan Catur kita nantinya memang sudah benar-benar bagus dan meningkat. Bukan hanya kebetulan dalam saat itu saja. KEKALAHAN CATUR tentu bukan berarti KIAMAT bagi kita bukan? Terus bagaimana sikap terbaik mengalami dan menghadapi kekalahan. Yuk kita diskusikan. Mau saya kasih resep jitu agar TIDAK BISA KALAH DALAM CATUR?

Gampang saja kawan: JANGAN PERNAH BERMAIN dan IKUT PERTANDINGAN CATUR! Karena tidak pernah main, mana mungkin bisa kalah! Tapi jangan salah, tidak pernah bermain/bertanding catur itu sebenarnya SUDAH KALAH SEBELUM BERTANDING dan ini adalah SEBURUK-BURUKNYA KEKALAHAN!. Benar tidak?

SIKAP TERBAIK

Untuk maju caturnya tentu harus bisa introspeksi diri secara terus-menerus tanpa henti dan memperbaikinya. Jadi dapat diharapkan maju caturnya jika kita selalu BISA MENGAMBIL PELAJARAN SETIAP PARTAI YANG DIMAINKAN BAIK ITU MENANG, REMIS/DRAW dan utamanya kalo KALAH! Kemenangan untuk diulangi lagi dan mempelajari kesalahan yang dibuat lawan. Kalah untuk dicari salahnya dan supaya kesalahan ini jangan sampai diulangi lagi dalam permainan/pertandingan mendatang. Dengan melihat NOTASI LANGKAH-LANGKAH CATUR yang telah dimainkan dan kemudian DIANALISA bersama pelatih atau seorang master catur serta DIBANTU DENGAN ANALISA ENGINE CATUR KOMPUTER, kita bisa tahu pasti dimana letak kelemahan dan kesalahan yang telah kita lakukan!

Kekalahan-kekalahan yang telah kita alami dalam setiap partai/pertandingan catur HANYALAH MENUNJUKKAN KELEMAHAN DAN KEKURANGAN KITA DALAM CATUR BAIK SKILL TEKNIS CATUR (OPENING, MIDDLE, ENDING) ataupun NON TEKNIS (konsentrasi, fisik, mental, dll.). Pasti ada sesuatu yang tidak beres pada diri kita dalam hal catur. Jadi bereskanlah hal-hal yang tidak beres ini, misalnya konsentrasinya dan lain-lainnya. KEKALAHAN DALAM CATUR KITA jangan sampai otomatis akan menjadi KALAH BERJUANG. Perjuangan akan dan harus dilakukan sampai kapan pun sampai titik darah terakhir yang menetes.

Kata orang bijak, HARI INI LEBIH BAIK DARIPADA HARI KEMARIN ITU BERKAH, HARI INI SAMA DENGAN HARI KEMARIN ITU RUGI, dan HARI INI LEBIH BURUK DARIPADA HARI KEMARIN ITU CELAKA! Jadi silakan saja mau pilih yang mana. Sebodoh-bodohnya keledai, dia tidak akan terjerumus ke dalam lubang yang sama sebanyak 2 (dua) kali. Manusia jangan mau kalah dengan keledai doong. Dan agar lebih baik dari waktu ke waktu maka harus bekerja keras, instrospeksi dan juga jangan lupa MELIHAT KEKUATAN PARA PESAING KITA. INI SANGAT PENTING dan merupakan SALAH SATU RAHASIA PARA MASTER CATUR YANG SUKSES!

Secara rinci soal psikologi kekalahan dalam catur ini pernah saya posting dahulu di blog ini juga di alamat:
http://www.komputercatur.com/2007/11/sudah-lama-belajar-catur-pakai-komputer.html
Gimana plend? kalo mau ikut pertandingan catur, siap menang tentu harus siap kalah juga bukan?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.