CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Kilas Balik Turnamen Catur Indonesia+Asia 2007

Pada Posting kemarin saya sajikan Kilas Balik Turnamen Catur Dunia tahun 2007. Untuk hari ini saya kumpulkan turnamen-turnamen besar yng diadakan di Indonesia dan Asia Selama Tahun 2007. Semoga yang sudah berlalu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi insan catur Indonesia (atlit, penyelenggara/sponsor, wasit, pengurus, dll.) agar di tahun 2008 nanti bisa berprestasi lebih baik lagi.

Berikut turnamen-turnamen yang dimaksud :

Kilas Balik Turnamen Catur Dunia Tahun 2007

Tak terasa tahun 2007 sebentar lagi akan meninggalkan kita semua. Banyak turnamen internasional besar digelar. Yang terkenal tentu yang barusan selesai World Cup 2007 di Kanty-Mansiysk Rusia dimana pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto juga ikut serta, Kejuaraan Dunia Catur Kilat di Moskow-Rusia, dan lain-lain.

Berikut saya kumpulkan turnamen-turnamen besar internasional yang berlangsung selama tahun 2007 yang saya ambil dari situs resmi FIDE :

Naum Engine Catur Tangguh Yang Masuk Jajaran Top Engine Dunia

Dari banyak engine catur elit dunia, salah satu yang terkuat diantaranya adalah Naum. Nama engine ini memang agak antik dan berbau Mesir atau Sansekerta ya!? Engine Naum saat ini masuk ke jajaran 10 besar top engine catur terkuat di dunia.

Engine Naum menggunakan interface UCI sehingga bisa dimainkan pada banyak GUI catur seperti Arena, Fritz, Shredder, dll.

Engine Naum ini dibuat oleh programmer Rusia/Canada Aleksander Naumov. Nama Naum sejatinya diambil dari nama belakang pembuatnya ini. Pertama kali dibuat tahun 2003. Rilis yang terbaru saat ini adalah Naum versi 3 (akan rilis dalam waktu dekat awal tahun 2008).

Chessbase Magazine : Literatur Catur Utama Para Grandmaster

Selain mengeluarkan produk program catur Fritz, Shredder, Junior, Hiarc, dkk, Chessbase juga memproduksi lieratur catur digital yang terkenal dengan label Chessbase Magazine (CBM). Edisi terbaru dari produk ini adalah Chessbase Magazine 121. Chessbase Magazine ini telah banyak dipakai sebagai acuan oleh para profesional catur saat ini.

Tidak seperti Informator yang mengeluarkan 2 format (edisi cetak dan edisi digital), CBM ini hanya dibuat dalam format digital. Tentu saja formatnya adalah Chessbase Format (CBH). Kelebihan CBM diantaranya adalah selain memuat berita dan partai catur serta riset opening terbaru, CBM biasanya memuat materi multimedia yang berupa foto-foto, audio dan video.

Informator No.100 Digital : Lebih Mudah Dipelajari Daripada Yang Versi Cetak

Sepanjang pengalaman saya menjadi pecatur, buku yang paling banyak dipakai dan seperti menjadi 'kitab wajib' bagi para pecatur adalah Informator (Chess Informant) terbitan Sahovski Yugoslavia. Memang buku ini selalu menyajikan partai-partai pilihan, terbaru dan seringkali berisi penemuan teori-teori opening catur terbaru dari para Grandmaster. Dengan kemajuan teknologi 'kitab Informator' ini mulai menyajikan 2 edisi, Edisi cetak dan Edisi Elektronik (Digital). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Yang edisi cetak tentu tidak butuh komputer untuk menjalankannya, cukup papan+buah catur dan buku cetakan Informator cukuplah. Yang versi digital punya kelebihan, lebih mudah dipelajari, tidak butuh papan catur dan lebih leluasa mengeksplorasinya. Saat ini Informator yang terbaru adalah Edisi ke-100.

Duel Berdarah 2 Raksasa Engine : Rybka 2.3.2a vs Zappa Mexico

Akan sangat menarik melihat pertikaian yang sangat sengit antara 2 top engine catur dunia peringkat-1 Rybka 2.3.2a vs peringkat-2 Zappa Mexico. Saya sangat penasaran dengan kekalahan Rybka atas Zappa Mexico beberapa waktu yang lalu. Meskipun kalah tipis saat itu (skor 5.5-4.5), saya belum yakin benar bahwa Rybka akan kalah. Setelah mencari sana-sini, akhirnya saya temukan informasi yang sangat menarik: Dalam duel (tidak resmi) antara 2 engine ini sebanyak 50 partai catur klasik, ternyata Rybka meng-KO Zappa dengan skor yang cukup telak. Penasaran berapa skornya? Silakan download dan saksikan sendiri pertarungan 2 engine catur paling elit ini.

Arena : Program GUI Catur Terkenal Yang Gratis Tapi Kaya Fitur

Dari beberapa program GUI catur yang gratis yang paling terkenal dan banyak dipakai adalah Arena. Meskipun gratis fitur Arena tidak kalah dengan program-program catur komersial seperti Fritz, Chess Asistant, dll. Edisi 1.0 dirilis bulan Desember 2004.

Arena mendukung hampir semua chess engine yang ada di saat ini termasuk Rybka, Shredder, Spike, Glaurung, SOS, Fritz (UCI), Petir (Indonesia) dan lain-lain. Jadi sangat layak dipakai untuk komputerisasi catur dan belajar catur.

Hasil Turnamen+Download Partai Singapore Master Open 2007 : GM Susanto Di Peringkat- 7, MN Kaisar Jenius Peringkat-2 Singapore Chalenger 2007

Meskipun pecatur Indonesia tidak berhasil menjadi juara di turnamen catur Internasional Singapore Master Open 2007 yang diadakan di Singapura tanggal 14-22 Desember 2007, tapi di kelompok Singapore Chalenger Open, pecatur kita MN Kaisar Jenius Hakiki berhasil menjadi Runner-p (Juara 2) dengan hadiah total $US 2,500 (Chalenger). Pecatur andalan kita GM Susanto Megaranto (2569) berada di peringkat 7 untuk kelas Singapore Master Open. Turnamen berhadiah total $US 22,500 (Master) ini juaranya adalah pecatur Georgia GM Zurab Azmaiparashvili (2606). Pecatur China kali ini hanya berada di peringkat kedua atas nama GM Zhang Zhong (2634).

Advance Chess : Pertandingan Catur Manusia Dibantu Dengan Komputer

Berbagai macam variasi permainan catur mulai dipopulerkan. Catur Buta, Catur Random, Catur Simultan, Catur Kartu, Catur Kalah (Giveaway Chess) Catur yang habis dulu buahnya menang , Freestyle Chess, dan lain-lain. Akhir-akhir ini muncul sebuah varasi permainan catur yang disebut Advance Chess. Dalam permainan catur jenis ini, peraturan catur tetap sama dengan catur standar. Hanya saja dalam Advance Chess manusia dibantu dengan komputer. Setiap peserta menggunakan komputer untuk membantu membuat keputusan langkah.

Advance Chess sepintas sama dengan Freestyle Chess yang juga menggunakan komputer dalam permainannya. Bedanya Freestyle Chess adalah catur online, dimana setiap peserta tidak saling berhadapan secara langsung dan bermain lewat media maya/internet. Sedang dalam Advance Chess, setiap peserta saling bertatap muka layaknya catur normal, hanya masing-masing pemain disediakan fasilitas komputer untuk menganalisa.

Swiss Master : Software Pairing Turnamen Catur Sistem Swiss Yang Banyak Dipakai Di Indonesia

Berdasarkan pengamatan saya selama ini, Swiss Master adalah software pairing turnamen catur sistem swiss yang paling banyak dipakai di Indonesia. Yang paling terkenal dulu adalah yang sering disebut dengan Swiss 46 (Swiss Master Versi 4.6). Bahkan sekitar tahun 2000 saya pernah menggunakan program pairing ini saat menjadi wasit komputer di turnamen catur Menpora Cup di Sawo Jajar-Kota Malang yang saat itu sempat dihadiri Menpora jaman itu Bpk. Mahadi Sinambela.

Saat ini yang sering dipakai adalah Swiss 48 atau 49. Berdasarkan informasi situs resmi Swiss Master, rilis yang terbaru adalah versi 5.5. Versi 46 dan 48 beroperasi dengan mode text dan relatif agak sulit dioperasikan oleh wasit komputer pemula. Sedang versi terbaru Swiss Master 5.5 beroperasi dengan mode grafis, sehingga lebih mudah digunakan.

UCI (Universal Chess Interface), Interface Antara Program Catur Dan Engine Catur Yang Terkenal

Kalo kita bergelut dengan komputer catur, pasti kita sering mendengar/membaca istilah UCI dan UCI Engine. UCI adalah kependekan dari Universal User Interface, merupakan standar terbuka komunikasi antara program catur dengan engine catur sehingga memungkinkan beberapa engine catur dengan mudah dapat dimainkan dalam sebuah program catur.

Contohnya adalah program catur yang terkenal dan paling banyak dipakai, Fritz (yang terbaru Fritz 11). Fritz ini sebenarnya adalah sebuah GUI (Graphical User Interface) atau antar muka grafis, yang juga mengandung engine Fritz (jangan rancu ya antara GUI Fritz dan engine Fritz). Selain dapat menggunakan engine standar yang telah terinstall, Fritz juga dapat memainkan engine lain yang disebut dengan jenis UCI Engines. Contoh UCI engine yang terkenal adalah Rybka 2.3.2a, Zappa Mexico, dan lain-lain.

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien (7) - Menguasai Taktik Berbantu Komputer

Salah satu skill catur yang sangat penting dikuasai adalah TAKTIK. Dengan skill taktik yang baik kita dapat membunuh raja lawan, melakukan kombinasi dan langkah-langkah indah. Dengan taktik pula kita menyerang, mengecoh lawan, memasang perangkap, memenangkan materi sampai bertahan dan meloloskan diri dari kekalahan. Taktik mutlak dikuasai oleh pecatur. Tanpa taktik yang baik, pecatur sulit memanfaatkan keunggulannya baik materi maupun posisi menjadi kemenangan.

Dalam arti sempit taktik adalah siasat memenangkan pertempuran di dalam catur seperti kombinasi (termasuk pengorbanan dan manuver tak terduga). Dalam arti luas taktik adalah semua bentuk aksi langkah yang kita buat. Setiap langkah sebenarnya mengandung taktik. Taktik tidak hanya muncul di Middle, tapi juga di Opening dan Ending.


Hasil Telkom Open IX 2007 : Selamat MI Ir. Tirto, Anda Berhasil Menjadi Juara

Selamat saya ucapkan kepada MI Ir. Tirto atas keberhasilannya menjuarai salah satu turnamen catur tingkat nasional yang paling bergengsi TELKOM OPEN IX 2007. Berdasarkan pemantauan saya selama ini kepada pecatur nasional dari Kaltim ini, dia mainnya stabil dan bahkan ratingya sempat menembus angka 2500-an. Menurut saya pribadi, MI Ir. Tirto ini adalah salah satu pecatur terkuat Indonesia yang berpotensi besar meraih gelar GM (Grandmaster) berikutnya. Dia akhir-akhir ini juga aktif mengikuti turnamen-turnamen internasional utamanya di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia Open, Phillippine Open, dan lain-lain. Hanya saja masih kurang beruntung. Semoga Percasi memberi kesempatan dan fasilitas yang seluas-luasnya kepada pecatur nasional ini dan kita doakan saja semoga MI Ir. Tirto bisa meraih gelar GM secepatnya.

Mega Database 2008 : Database Catur Terbaru Standar Bagi Profesional Catur

Telah kita ketahui bersama betapa berguna dan berartinya peran database catur untuk pembelajaran catur kita. Dengan database catur yang lengkap dan up to date kita bisa lebih leluasa mengeksplorasi pelajaran catur. Salah satu produk database yang paling banyak dipakai dan terbaru adalah buatan perusahaan software catur Chessbase yaitu Mega Database. Saat ini rilis yang terbaru adalah Mega Database 2008.

Setiap tahun pabrik software dari Jerman ini selalu mengupdate database buatannya dan merilisnya dalam produk terbaru. Kalo Mega Database 2007 berisi lebih dari 3.5 juta partai, Versi 2008 koleksi partainya telah bertambah menjadi 3.8 Juta Partai. Partainya berisi permainan dari jama baheula sampai tahun 2007. Jumlah pemain yang tercatat dalam database ini adalah 200.000 pecatur. Jumlah foto pemain juga sudah ditambah dengan banyak pecatur-pecatur baru hingga saat ini ada 30.000 foto pecatur. Indeks Key opening juga diupdate sesuai teori terbaru (100 ribu klasifikasi posisi).

Hasil Turnamen World Cup 2007+Download Partai : Selamat Kamsky, Akhirnya Anda Telah Benar-Benar Kembali

Setelah berjuang keras akhirnya GM Gata Kamsky (Amerika Serikat) yang memiliki ELO Rating 2714 berhasil menjadi juara World Cup 2007 setelah dalam final mengakhiri perlawanan pecatur Spanyol GM Alexei Shirov yang memiliki Elo Rating 2739 dengan skor 2.5-1.5 dalam pertandingan catur 4 babak. Turnamen Catur Elit Dunia ini berlangsung di Kanty-Mansysk Rusia tanggal 24 Nopember-18 Desember 2007.

Kamsky juara dalam turnamen ini setelah menundukkan masing-masing di Babak (1) GM Adly Ahmed (Yunani) (2) GM Boris Avrukh (Israel) (3) GM Kiril Georgiev (Bulgaria) yang mengalahkan pecatur Indonesia GM Susanto Megaranto di babak pertama (4) GM Peter Svidler (Rusia) (5) GM Ruslan Ponomariov (Ukraina) (6) GM Magnus Carlsen (Norwegia) dan (7) GM Alexei Shirov (Spanyol).

Bermain Catur Online : Main Catur Lawan Pecatur Dari Seberang Dunia

Rasanya asyik ya kalo bisa bermain catur online di internet lawan orang dari seberang dunia sana. Kalo kita sudah bosan bermain langsung lawan manusia dan juga lawan komputer, catur online bisa dijadikan alternatif. Via catur online juga memungkinkan kita untuk main catur lawan grandmaster, meski tidak berhadapan langsung dengan orangnya.

Catur online maksudnya tentu kita main catur tidak langsung berhadapan dengan lawan kita, tapi lewat media internet. Lawan tidak hanya bisa satu kota tapi bisa lawan pecatur yang tinggalnya beratus bahkan beribu-ribu kilometer dari tempat kita.
Catur online bisa dilakukan dari komputer desktop, laptop, PDA bahkan dari ponsel pun juga ok. Yang jelas medianya adalah internet. Situs yang menyediakan catur online yang terkenal adalah ICC (Internet Chess Cllub) di alamat : http://www.chesscclub.com/. Di situs ini yang main dari pemula hingga para grandmaster. Untuk lawan para master harus membayar sejumlah uang iuran tahunan.

Download : Partai Garry Kasparov, Legenda Hidup Pecatur Terkuat Sepanjang Sejarah Catur

Banyak pecinta catur yang menganggap pecatur terkuat adalah GM Bobby Fischer (Amerika Serikat) yang kontroversial. Tapi fakta dan data menunjukkan bahwa pecatur Rusia GM Garry Kasparov adalah yang terkuat sampai saat ini. Rating Fischer tertinggi adalah 2780 sedang Kasparov 2841. Posting saya tidak akan membandingkan 2 pecatur jenius ini.

Kasparov terkenal dengan gaya permainannya yang agresif dan inovatif. Gaya bermainnya dipengaruhi antara lain oleh GM Alexander Alekhine. Pengorbanan 1 bidak adalah hal biasa kalo kita buka database Grandmaster yang sekarang menjadi politikus ini. Satu per satu Grandmaster Top Dunia telah ditaklukkanya mulai dari GM Anatoly Karpov, GM Nigel Short, GM Gata Kamsky sampai GM Viswanathan Anand (saat ini ranking 1 dunia).

Chess960 Atau Catur Random, Permainan Catur Yang Baik Untuk Melatih Kemampuan Kalkulasi

Selain catur simultan, catur buta ada lagi variasi permainan catur yang tidak standar. Catur Random atau Chess960 adalah permainan catur yang letak buahnya dibolak-balik. Kedua pihak (hitam putih) memasang posisinya secara simetris. Permainan catur random bisa digunakan untuk latihan kalkulasi, pemahaman posisi dan taktik sejak awal permainan. Disebut Chess960 karena variasi posisi buah catur yang mungkin adalah 960 posisi. Perubahan hanya untuk posisi perwira. Posisi bidak tetap. Permainan catur jenis ini digagas oleh pecatur legendaris dari Amerika Serikat dan mantan juara dunia catur GM Bobby Fischer dan pertama kali diperkenalkan di kota Buenos Aires, Argentina tanggal 19 Juni 1996. Makanya catur random kadang juga disebut Catur Fischer. Maksud Fischer menggagas Catur Random adalah agar pecatur lebih mengutamakan bakat dan kreatifitas catur daripada mengandalkan hapalan teori opening. permainan catur Saat ini juara dunia catur random adalah pecatur Armenia GM Levon Aronian.

Untuk menghindari kebosanan bermain catur standar, catur random bisa dimainkan dan terasa mengasyikkan. Dalam catur random tidak dikenal teori opening karena susunan buah perwira catur yang tidak biasa. Tidak ada pembelaan Sisilia, Ruy Lopez, Slavia, dll. teori/hapalan opening di sini. Sejak awal pecatur dipaksa menerapkan strategi yang berbeda daripada biasanya. Pagi-pagi kita harus dipaksa sudah berkalkulasi.

Peraturan catur random hampir sama dengan catur normal, hanya dalam rokade mungkin agak membingungkan bagi yang tidak biasa. Posisi gajah tetap tidak boleh memiliki warna sama. Bermain catur random adalah bermain catur dalam arti yang sesungguhnya. Pemain sudah bermain sejak langkah pertama (hapalan opening tidak ada). Oleh karena ini Catur Random kadang juga disebut dengan FullChess. Diharapkan dengan latihan catur random selain mencegah kebosanan, kemampuan kalkulasi kita akan meningkat.

Dalam program catur Fritz, ada fitur untuk main catur random. Engine yang dipakai adalah Fritz 960. Engine ini otomatis akan diloading setelah kita menjalankan File-New-Chess960. Lalu kita diberi pilihan posisi random buah catur, dari posisi 1,2,3 ... sampai 960. Jadi ada 960 variasi posisi catur random yang bisa dimainkan. Posisi buah hitam putih simetris. Jika kita akan main normal tinggal pilih File-New-Blitz Chess. Engine akan kembali yang standar.

Lebih jauh tentang catur random silakan kunjungi alamat : http://en.wikipedia.org/wiki/Chess960

Selamat bermain catur random ya.

Teman-teman, siapa yang suka bermain catur random? Yuk main dengan saya! Asyik lho...

GENS UNA SUMUS.

Glaurung : Engine Catur Tangguh Untuk Komputer Apple Macintosh (Windows Juga Bisa!)

Tidak banyak engine catur yang dipakai di komputer Apple Macintosh. Seperti kita ketahui bersama bahwa komputer yang banyak dipakai di Indonesia adalah menggunakan mesin Intel. Komputer jenis Apple ini sering dipakai untuk pemakai yang membutuhkan aplikasi grafis yang handal. Misalnya untuk industri televisi, percetakan/penerbitan, dan lain sebagainya. Untuk catur pun sebenarnya komputer Apple ini juga tidak kalah dengan mesin Intel. Salah satu engine catur yang paling kuat di komputer jenis ini adalah engine GLAURUNG. Pembuatnya adalah Tord Romstad (yang juga pembuat engine catur Viper dan Gothmog).

Nama GLAURUNG ini diambil dari nama naga dalam buku novel karangan J.R.R. Tolkien. Glaurung di komputer Apple datang beserta GUI+Engine. Sedang untuk komputer Windows Glaurung membutuhkan GUI seperti Arena, Fritz, Shredder dll. Untuk komputer dengan sistem operasi Linux pun Glaurung juga bisa jalan dengan program GUI XBoard dan Polygot. Glaurung diedarkan gratis dengan lisensi GPL 2-3. Engine ini memiliki parameter UCI yang lengkap dan mendukung prosesor banyak sampai 8 buah prosesor.

Hasil PMS Open Solo 2007 : Master Jawa Tengah MN Joko Purbowo Jadi Juara Di Antara Para Jawara Internasional

Saya mendapat infromasi dari teman catur saya Mas Sony Karmuji (Solo) bahwa MN Joko Purbowo berhasil menjuarai turnamen PMS Open Solo 2007 yang digelar tanggal 4-9 Desember 2007. Joko juara setelah berhasil mengumpulkan nilai 8 dari 9 babak. Lawan Joko yang terberat dalam turnamen ini adalah Abah GM H. Ardiansyah yang bertemu dengannya di babak ke-7.

Turnamen Catur PMS Open IV 2007 ini diikuti banyak pecatur bergelar internasional seperti GM H. Ardiansyah, MI Danny Juswanto, MI Irwanto Sadikin, MI Dede Liu, MI Ronny Gunawan (lama sekali pecatur Jawa Timur bergelar internasional ini tidak muncul, sekarang dia muncul lagi sejak Piala Raja Yogyakarta tempo hari), MF Khairul Anam (pecatur muda berbakat Jawa Timur yang baru mendapat gelar MF), MF Nurdin Askali, MN Suyud Hartoyo (pernah juara Nasional waktu Kejurnas di Aceh dulu), dan lain-lain. 

Download : Katalog Catur 2008 Terbaru Dari Toko Catur di Inggris, Sayang Kalo Dilewatkan!

Ingin melihat buku-buku catur terbaru? ingin melihat buah catur, jam catur yang tercanggih dan terbaru? Mau lihat software-software catur yang paling gress seperti Fritz11, Power Books 2008, Mega Database 2008 dan lain-lain produk catur. Anda bisa mendownloadnya sekarang juga! Sayang sekali lho kalo dilewatkan.

Dalam katalog kita bisa melihat buah catur yang terkenal dipakai oleh para grandmaster pada kejuaraan-kejuaraan besar di dunia seperti buah catur Staunton yang berkualitas dunia. Ada tipe Staunton Ultimate, Staunton Elegan, Imperial Set, Papan Catur Ebony. Ada juga papan catur Capablanca, Najdorf Set, Roosewood Set, Steinitz Set yang indah dan bikin ngilar bagi kita untuk memiliki.

Hasil Turnamen : 3rd Prospero Pichay Jr. Cup-Manila 2007 Philippine

Turnamen yang berlangsung di Manila, 30 Nopember - 8 Desember 2007 ini terlihat bahwa pecatur-pecatur kita tidak bisa berbuat banyak (memang GM Utut Adianto dan GM Susanto Megaranto tidak ikut). Yang terbaik rankingnya pecatur Indonesia MI Tirto dengan nangkring di ranking 25, MIW Irene Kharisma Sukandar ranking 29 (mendapat rangking 1 untuk kategori wanita, selamat ya!), MI Taufik Halay di ranking 30, MN Farid Firmansyah ranking 42, MN Surya Wahyudi rangking 52, dan MI Natanael (Ivan) Situru terpuruk di peringkat 56 dari 68 peserta. Juaranya GM Ni Hua dari China.

Hasil Selengkapnya :

Bagaimana Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien? (6) - Belajar Opening Yang Tepat Guna

Babak Pembukaan (opening) merupakan babak yang amat penting dalam pertarungan catur. Dengan skill catur berimbang, opening akan sangat menentukan hasil permainan.

Sekali pecatur membuat blunder di opening, dia akan terjebak dalam posisi buruk sehingga memperkecil peluang menang. Bahkan kalo blundernya fatal, dengan segera akan mengalami kekalahan yang menyakitkan (kena partai mini).

Dari sudut pandang teori, opening ini cenderung sebagian besar berupa hapalan. Jangan salah mengartikan hapalan di sini. Hapalan yang dimaksud bukan hanya hapalan nama opening, varian dan langkah-langkahnya, tapi juga termasuk latar belakang opening, strategi opening, taktik yang sering terjadi, kecenderungan struktur bidak, juga kecenderungan ending yang terjadi.

Opening Book : Database Opening Yang Membuat Program Catur Tidak Usah Berpikir Saat Opening

Salah saatu kecanggihan dari program catur saat ini adalah fitur Opening Book. Dengan Opening Book ini Program catur tidak usah berpikir dalam opening. Saat melangkah di opening program catur tidak memanfaatkan engine catur, tetapi mencari langkah opening tersebut dalam file database opening yang kita sebut opening book tadi.

Jadi opening book ini berisi langkah-langkah opening yang disimpan dalam file database. Hampir semua program catur saat ini (Fritz, Chess Master, Chess Genius, dll.) memiliki fitur opening book ini.

Opening Book yang dijual di pasaran adalah kumpulan ribuan bahkan jutaan langkah opening yang dibuat oleh para grandmaster catur. Biasanya mereka membuat opening book berdasarkan teori opening catur yang terbaru.

Vasik Rajlich : Master Catur Dan Programmer Pembuat Engine Juara Rybka

Telah kita ketahui bersama bahwa Engine Rybka adalah engine catur terkuat di dunia saat ini. Dalam posting kali ini saya akan sedikit menampilkan profil programmer pembuat Rybka. Engine Rybka ini dibuat oleh seorang pecatur dan sekaligus juga programmer komputer yang bernama MI (Master Internsional) Vasik Rajlich.

Vasik Rajlich dilahirkan tahun 1971 di kota Cleveland Negara Bagian Ohio Amerika Serikat. Rajlich kuliah di perguruan tinggi elit di Amerika Serikat yaitu di MIT (Massachuchet Information Technology) sampai tamat.

Engine Match : Pertarungan Elit Fritz 11 vs Rybka 2.3.2a! Siapa Yang Unggul?

Telah beberapa pekan ini kita kedatangan engine baru yang sangat kuat. Fritz 11 adalah engine catur produksi Chessbase yang ratingnya sekitar 80 point lebih tinggi dari versi sebelumnya (Fritz 10).

Tentu engine Fritz 11 ini kuat sekali. Saya penasaran seberapa kuat engine ini ya. Setelah cari-cari di internet akhirnya saya berhasil temukan pecatur yang pernah mencoba men-dwi tarungkan engine Fritz 11 dengan engine catur terkuat saat ini, Rybka 2.3.2a. Perlu diketahui bahwa programmer Rybka, MI Vasik Rajlich untuk sementara ini istirahat mengupgrade engine buatannya sampai tahun depan (2008). Menurut berita dan posting di forum resmi Rybka, di tahun 2008 (bulannya tidak tahu) akan dirilis engine Rybka 3.0, yang konon jauh lebih kuat dan memiliki fitur yang lebih banyak daripada versi sebelumnya.

Pocket Fritz : Catur Sambil Jalan-Jalan Bagi Orang Sibuk

Kebanyakan para pecatur yang 'tidak murni' pecatur yang pernah saya temui (juga termasuk saya sendiri) merasa kekurangan waktu untuk berlatih dan belajar catur. Waktu mereka pada umumnya telah habis untuk bekerja dan juga buat keluarga.

'Saya nggak ada waktu buat latihan', begitu mereka berkata. Kalo kuantitas belajar/berlatih tidak bisa dipenuhi tentu sulit bagi kita untuk maju dan naik level kita. Inginnya maju dan punya skill catur yang terus meningkat, tapi apa daya waktu membelenggu.

Hasil Turnamen : 2nd GMA Cup 2007 Phillipine & World Youth Championship 2007 Turki

Hasil Turnamen - World Youth Chess Championship 2007, Antalya-Turki

Antalya, 21-29 Nopember 2007
Hasil Akhir

Girls Under 8

Rank SNo. Name IRtg FED Pts Fide
1 19 Furtado Ivana Maria 0 IND 9 55½
24 31 Karenza Dita 0 INA 36


Kiat Agar Tidak Cepat Mengantuk Jika Belajar Catur Dengan Komputer

Beberapa teman catur mengeluh kepada saya karena tidak bisa berlama-lama latihan catur di depan komputer. Wah kalo gini caranya, mana bisa maju ya! Yang paling banyak adalah keluhan karena mata cepat mengantuk. Sebagian malah ada yang pusing-pusing.

Memang tidak bisa disangkal bahwa monitor komputer mengandung gelombang dan medan elektron yang membuat mata cepat lelah. Tapi sebenarnya ini bisa disiasati dengan beberapa cara. Daripada melawan radiasi monitor komputer agar tidak ngantuk di depan komputer, saya menyarankan hal-hal antara lain :

Turnamen Freestyle Chess : Bertanding Catur Dengan Bantuan Grandmaster Dan Atau Komputer!

Selama ini kita mengenal beberapa jenis turnamen catur yang tidak biasa yang pernah dipertandingan. Beberapa bulan yang lalu, di Bilbao mengadakan turnamen Catur Buta (Blindfold) yang dijuarai oleh pecatur muda berbakat China GM Bu Xiangzhi. Ada juga turnamen catur random (gaya fischer) juga disebut Chess960 dimana posisi perwira catur dibolak-balik, sehingga tidak berlaku teori opening (alias adu kalkulasi).

Selain itu saya tertarik dengan suatu turnamen yang disebut dengan FreeStyle Chess Tournament. Aturan main caturnya sih normal, tapi uniknya dari turnamen catur ini adalah pecatur diperbolehkan bermain dengan bantuan Grandamster (misal jika anda kenal dengan Kasparov atau Anand, anda bisa minta tolong dia untuk membantu anda bermain catur) atau dengan bantuan program komputer. Wah asyiik ya. Berarti adu kuat-kuatan engine catur nih.

Bagaimana Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif dan Efisien? (5) - Melatih Kalkulasi Dengan Bantuan Komputer

Diantara skill catur yang terpenting dan harus dikuasai oleh pecatur adalah KALKULASI. Pecatur yang teorinya bagus tapi memiliki kalkulasi lemah, akan mengalami kesulitan dan cenderung membuat blunder jika menempuh bangunan-bangunan terbuka dan banyak pukulan-pukulan taktis. Apalagi jika menemui bangunan komplikasi.

Pecatur-pecatur pemula (yunior dan non master) cenderung mempunyai masalah dengan kalkulasi ini. Blunder 'salah hitung' sering terjadi dalam permainan mereka. Sepengetahuan saya, di sekolah-sekolah catur pelajaran kalkulasi juga seringkali diremehkan. Mereka lebih mengutamakan opening, ending, taktik dan pedoman-pedoman catur.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.